ANALISIS CFD PENYEMPURNAAN PENGGUNAAN PENGARAH ANGIN TERHADAP PENGURANGAN GAYA DRAG PADA MOBIL BARANG BAK TERTUTUP

Penulis

  • Shova Alfian rogram Studi Magister Teknik Mesin, Fakultas Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35261/barometer.v8i1.7291

Abstrak

Aerodinamika merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. Semakin kecil koefisien drag maka semakin efisien kendaraan tersebut. Kondisi saat ini masih banyak ditemukan penggunaan/pemasangan pengarah angin tanpa memperhitungkan fungsi dan manfaatnya serta masih belum ada regulasi yang mengatur secara detail dalam menggunakan pengarah angin. Maka perlu dilakukan penelitian ini dengan tujuan mengetahui manfaat penggunaan pengarah angin yang tepat agar dapat menurunkan nilai koefisien drag serta diharapkan penelitian ini bisa diterapkan dalam penggunaan pengarah angin. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tiga jenis model pada kecepatan terendah 20 km/jam dan tertinggi 80 km/jam. Hasil simulasi pada truk dengan mobel pengarah angin lebih rendah 40 cm, truk dengan pengarah angin atas dan truk full pengarah angin menggunakan perangkat lunak ansys workbench, menunjukkan bahwa truk full pengarah angin memiliki nilai Cd paling kecil. Terjadi penurunan nilai cd dari model truk pengarah angin lebih rendah 40 cm ke model truk full pengarah angin. Namun untuk menunjukkan hasil yang lebih akurat, perlu dilakukan uji jalan serta aliran fluida dialirkan dari empat sisi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. E. Setyono and B. F. T. Kiono, "Dari energi fosil menuju energi terbarukan: potret kondisi minyak dan gas bumi indonesia tahun 2020 - 2050," Jurnal Energi Baru & Terbarukan, Vol. 2, No. 3, pp. 154-162, 2021.

A. Yusuf, Analisa aerodinamika dan optimasi body mobil smart EV generasi tiga dengan menggunakan pemodelan CFD tiga dimensi, Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2017.

A. Capone and G. P. Romano, "Invetigation on the effect of horizontal and vertical deflectors on the near-wake of a square-back car model," Jurnal of Wind Engineering & Industrial Aerodynamics, vol. 185, pp. 57-64, 2019.

R. Setiawan, A. R. Putra and V. P. Fahraini, "Simulasi proses bending ARM rear brake dengan variasi kecepatan pembebanan terhadap stress material menggunakan ANSYS," Barometer, vol. 5, no. 2, pp. 261-266, 2020.

G. Minelli, E. A. Hartono, V. Chernoray, L. Hjelm and S. Krajnovic, "Aerodynamic flow conrol for a generic truck cabin using synthetic jets," Jurnal of Wind Engineering & Industrial Aerodynamics, vol. 168, pp. 81-90, 2017.

M. Nawawi, Analisa computational fluid dynamics (CFD) terhadap pengaru inclining keel pada hambatan dan kecepatan kapal ikan, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2015.

T. D. Hasugian, Simulasi aerodinamika pada mobil listrik nogogeni dengan menggunakan software ansys fluent, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2018.

M. Yamin and Suhandono, "Analisis aerodinamika deflektor pada truk mnggunakan software berbasis computional fluid dynamics (CFD)," pp. 1-32, 2014.

J. J. Kim, J. Hong and S. J. Lee, "Bio-inspired cab-roof fairing of heavy vehicles for enhancing drag reduction and driving stability," International Journal of Mechanical Sciences, Vols. 131-132, pp. 868-879, 2017.

S. McTavish and B. McAuliffe, "Improved aerodynamic fuel savings predictions for heavy-duty vehicles using route-specific wind simulations," Journal of Wind Engineering & Industrial Aerodynamics, vol. 210, pp. 1-17, 2021.

Wahyudi, G. Rubiono and H. Mujianto, "Pengaruh bentuk pengarah angin (Deflector) terhadap karakteristik aerodinamis kendaraan niaga (Truck)," Jurnal Rotor, vol. 7, no. 1, pp. 1-5, 2014.

Damjanovic, Darko, Kozak, Drazan, Ivandic, Zeljko, Kokanovic and Mato, "Car design as a new conceptual solution and CFD-analysis in purpose of improving aerodynamics," pp. 1-9, 2015.

m. a. Kurniawan and A. g. Wailanduw, "Karakteristik aliran pada kendaraan menyerupai MPV dengan penambahan rear spoiler," JTM, vol. 3, pp. 261-270, 2014.

Diterbitkan

2023-01-31

Cara Mengutip

Alfian, S. (2023). ANALISIS CFD PENYEMPURNAAN PENGGUNAAN PENGARAH ANGIN TERHADAP PENGURANGAN GAYA DRAG PADA MOBIL BARANG BAK TERTUTUP. BAROMETER, 8(1), 42–49. https://doi.org/10.35261/barometer.v8i1.7291

Terbitan

Bagian

Artikel