Model Pembelajaran Gerak Dasar Melempar Menggunakan Media Bola Plastik Berbasis Permainan Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Kebayoran Lama Utara 03 Jakarta

Penulis

  • Liliek Prasetyo Universitas Negeri Jakarta
  • Slamet Sukriadi Universitas Negeri Jakarta
  • Rizky Nurulfa Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35706/joker.v3i1.7088

Abstrak

Program Studi Pendidikan Jasmani Penelitian ini menghasilkan produk model pembelajaran gerak dasar melempar menggunakan media bola plastik berbasis permainan untuk meningkatkan minat belajar pendidikan jasmani bagi siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran gerak dasar melempar bola plastik berbasis permainan melalui bentuk-bentuk permainan yang baru dan dikembangkan sesuai dengan karakteristik sasaran penelitian pada siswa SD kelas II. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian pengembangan (research and development) untuk mendapatkan model latihan yang sesuai dengan tujuannya. Untuk mencapai tujuan dan keefektifannya, model ini sudah di validasi oleh tiga pakar yang merupakan dosen Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta yang ahli di bidang gerak dasar, pembelajaran dan permainan. Hasil validasi oleh para ahli menunjukkan bahwa 17 pembelajaran yang dibuat layak dan sesuai untuk digunakan pada siswa kelas II sekolah dasar di Jakarta Selatan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amri, I. K. (2011). Paikem Gembrot. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.

Dini Rosdiani. (2012). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Firdaus, M. A. (2012). Metode Penelitian. Tanggerang: Jelajah Nusa.

Gemael, Q. A. (2022). Pengembangan Model Latihan Plyometrics Sepakbola Untuk Pemain Usia 17-21 Tahun (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Izzuddin, D. A., & Gemael, Q. A. (2020). Model Latihan Dayung Berbasis Modifikasi Alat Untuk Atlet Pemula. Sporta Saintika, 5(1), 21-30.

Kumalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Riefka Aditama.

Lutan, R. (1998). Belajar Keterampilan Motorik. Jakarta: Depdikbud, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Mochamaad Djumidar A. (2002). Belajar Berlatih gerak dasar Atletik Dalam Bermain. Jakarta: Fakultas Ilmu Olahraga UNJ.

Narbuko Cholid dan Abu Achmadi. (2016). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Nofi Marliana Siregar. (2013). Teori Bermain. Jakarta. Fakultas Ilmu Keolahragaan UNJ.

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish

Pawestri, I. (2013). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Memukul Bola Kasti Dengan Menggunakan Modifikasi Alat Bantu Pemukul dan Bola Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Sumber III Banjarsari Surakarta . 17.

Prawira, A. Y., Prabowo, E., & Gemael, Q. A. (2021). Model Pembelajaran Olahraga Futsal Anak Usia Dini (Literature Review). Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 4(01), 19-25.

Richard Magil, D. A. (2014). Motor Learning and Control Concepts and Applications. McGraw-Hill Education.

Robert, M. B. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu. Bandung: Alfabeta.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Litera.

Santosa Griwojo, d. (2012). Ilmu Faal Olahraga Fisiologi Olahraga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Schmidt, R. A. (1991). Motor Learning & Performance from Principles to Practice . Champign: lllinois: Human Kinectics Publisher.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyanto. (2013). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Yuma.

Sukintaka. (1992). Teori Bermain Untuk D2 PGSD Pendjaskes. Jakarta: Depdikbud.

Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Remaja.

Suprijono, A. (2010). CooperatIIIe Learning Teori & Aplikasinya . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Teo-Koh Sock Miang. (2010) Fundamental Movement Skills For Growing ActIIIe Learners Singapore: Singapore Sport Council.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktIIIistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Utama, A. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas BermainDalam Pendidikan Jasmani. Jurnal pendidikan jasmani indonesia, 8(1).

Widiastuti. (2013). Belajar Gerak Keterampilan. Jakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan UNJ.

Widiharto, R. (2004). Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPG Matematika.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-30

Cara Mengutip

Prasetyo, L., Sukriadi, S., & Nurulfa, R. (2023). Model Pembelajaran Gerak Dasar Melempar Menggunakan Media Bola Plastik Berbasis Permainan Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Kebayoran Lama Utara 03 Jakarta. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (JOKER), 3(1), 19–29. https://doi.org/10.35706/joker.v3i1.7088