HUBUNGAN MANAJEMEN KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP KARYA BUDI CILEUNYI
DOI:
https://doi.org/10.35706/muntazam.v5i2.13304Abstract
Adanya beberapa permasalahan tata kelola dalam kelas yang ditemui dilapangan masih terdapat siswa yang mengobrol ketika guru sedang menjelaskan, memainkan handphone, dan suasana kelas gaduh saat pembelajaran berlangsung, maka pentingnya guru untuk mengatur ruang kelas untuk menciptakan suasana kelas yang efektif dan efisien, dalam mendorong siswa untuk berkembang dan mewujudkan tujuan pendidikan dan cita-citanya secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kelas, motivasi belajar siswa, hubungan manajemen kelas dengan motivasi belajar siswa di SMP Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis korelasi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Setelah datanya terkumpul, kemudian datanya diolah dengan bantuan program SPSS dengan menggunakan teknik analisis data uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (uji normalitas dan linieritas), dan uji korelasi dengan menggunakan korelasi pearson. Hasil pada penelitian ini menyatakan bahwa manajemen kelas mempunyai hubungan yang positif dengan motivasi belajar siswa, dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Terdapat jenis hubungan variabel yang mengarah pada sifat positif dikarenakan angka pearson correlation sebesar 0,182 yang mana tidak memiliki tanda negatif ( -) diangka tersebut maka hubungan kedua variabel adalah searah dan mempunyai arti semakin tinggi/baik manajemen kelas maka semakin tinggi/baik pula motivasi belajar siswa.
Downloads
References
Argian, M. (2019). HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG.
Arianto. (2018). Hubungan Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa MTs Al Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah. Program studi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Darma, W. (2020). Manajemen kelas berbasis Mindfulness (Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan, Sains Sosial Dan Agama, 6(1), 1–14.
Khoiriyah, U. (2018). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Mtsn 1 Jombang. Al-Idaroh Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 49–64.
Mulyasidhi, G., & Haq, M. S. (2021). Manajemen Kelas Dalam Kegiatan Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 144–155.
Nana Sudjana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Nugraha, M. (2018). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran. Jurnal Tarbawi, 4(1), 27–44.
Nurdiyati. (2021). Hubungan Manajemen Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 12 Palopo. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Purnawan, R., Anra, Y., & Rahman, K. A. (2018). PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 08(02), 340–357.
Saraswati, Y. (2021). Pengaruh Penerapan Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 4 Luwu Timur. MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syahrani. (2018). Manajemen Kelas yang Humanis. Jurnal Al-Risalah, 14 (1), 57–74.
Umniah, H. F. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa kelas XI Madrasah Aliyah Ma’arif 1 Punggur. PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DANILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO.
Yeni j, F., Zen, Z. & D. (2018). Penelitian Pendidikan. Prenandamedia Group.