IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERKARAKTER YANG BERORIENTASI NILAI-NILAI MORAL

Authors

  • Hotia IAIN Batang Hari
  • Sukatin IAIN Batanghari
  • Maisarah Gusvita IAIN Batanghari
  • Nur Cholis Abid Hamid IAIN Batanghari
  • Remo Andika Putra IAIN Batanghari
  • Nur Adilla IAIN Batanghari

DOI:

https://doi.org/10.35706/muntazam.v3i02.7898

Abstract

Pendidikan karakter adalah pembentukan karakter seseorang mulai dari tingkat dasar (PAUD, SD, SMP) hingga menengah (SMA) berupa perbuatan baik berupa moral, etika dan perubahan bentuk nilai. karakter karakter yang baik. Pendidikan karakter dapat diartikan bahwa kita menyadari semua dimensi kehidupan sekolah kita untuk memajukan pengembangan karakter yang optimal (usaha kita yang terarah dari semua dimensi kehidupan sekolah untuk berkontribusi pada pengembangan karakter yang optimal. Oleh karena itu pendidikan karakter pada prinsipnya dapat mengintegrasikan nilai-nilai perilaku manusia dengan pendekatan intensif terhadap wadahnya yaitu sekolah, dimana guru memiliki sikap meyakinkan terhadap siswa dan sebaliknya antara siswa dengan guru, dan sedikit demi sedikit mulai dengan contoh. , menyediakan level terendah, yaitu. Tingkat PAUD, SD, SMP sampai dengan tingkat tertinggi yaitu SMA dan untuk tingkat pelajar. Maka muncullah karakter unggul dan amanah. Karakter adalah jumlah dari semua kualitas yang membuat Anda menjadi diri Anda sendiri. Itu nilai-nilai Anda, pikiran Anda, kata-kata Anda, tindakan Anda. Artinya, karakter adalah seperangkat nilai, pikiran, perkataan dan perilaku atau tindakan yang telah membentuk seseorang. Oleh karena itu, karakter dapat digambarkan sebagai identitas seseorang, yang telah dibentuk sepanjang hidup oleh beberapa nilai etika dalam bentuk pemikiran, sikap, dan perilaku.  Dan banyak sekali lembaga pendidikan yang pendidikan karakternya paling efektif dilakukan pada usia dini, karena anak pada usia tersebut mengalami perkembangan yang luar biasa (the golden age) dan belum banyak mendapat pengaruh dari pihak luar. Krisis multidimensi bangsa ini harus segera diatasi dengan bantuan pembangunan karakter yang akan diinternalisasikan di sekolah-sekolah. Selain itu, diharapkan tujuan pendidikan kerakyatan dapat tercapai dengan bantuan pendidikan karakter.

Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Nilai Moral

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hotia, IAIN Batang Hari

Mahasiswa

Sukatin, IAIN Batanghari

Dosen

Maisarah Gusvita, IAIN Batanghari

Mahasiswa

Nur Cholis Abid Hamid, IAIN Batanghari

Mahasiswa

Remo Andika Putra, IAIN Batanghari

Mahasiswa

Nur Adilla, IAIN Batanghari

Mahasiswa

Published

2021-12-28

How to Cite

Hotia, Sukatin, Maisarah Gusvita, Nur Cholis Abid Hamid, Remo Andika Putra, & Nur Adilla. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERKARAKTER YANG BERORIENTASI NILAI-NILAI MORAL. MUNTAZAM, 3(02). https://doi.org/10.35706/muntazam.v3i02.7898

Most read articles by the same author(s)