Mengenal Gaya Kepemimpinan Dalam Dunia Pendidikan

Penulis

  • Ayu Sumarni IAIN Batanghari
  • Winda Lestiana IAIN Batanghari
  • Sukatin IAIN Batanghari
  • Maysara Gusvita IAIN Batanghari
  • Winda Lestiana IAIN Batanghari
  • Nadiya Rahmadani IAIN Batanghari
  • Nur A’ini IAIN Batanghari

DOI:

https://doi.org/10.1212/mj.v3i01.6789

Abstrak

Tulisan ini dibuat untuk mengetahui definisi dari kepemimpinan serta dan berbagai macam gaya kepemimpinan yang diterapkan pada suatu organisasi atau lembaga pendidikan dengan menggunakan metode kepustakaan dengan berbagai sumber-sumber tulisan untuk mendapatkan kesimpulan secara khusus. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa kepemimpinan adalah kemampuan untuk memperoleh tindakan melalui orang lain dengan kepercayaan dan kerja sama. Keberhasilan atau kegagalan suatu organisasi ditentukan oleh mutu kepemimpinan yang dimilki orang-orang yang diangkat atau diserahi tanggung jawab sebagai manajer atau pimpinan dalam suatu organisasi. Pada konteks gaya dan tipe kepemimpinan, seorang pemimpin akan berbeda-beda. Gaya kepemimpinan yang diterapkan pada suatu organisasi atau lembaga pendidikan pada dasarnya tergantung pada tingkat kematangan atau kedewasaan bawahan dan tujuan yang ingin dicapai. Beberapa gaya kepemimpinan antara lain: demokratis, otoriter, laissez faire, non direktif, pseudo demokratis, situasional, visioner, transmosional dan kharismatik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-30