Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Ekstrakurikuler di SMP Angkasa Margahayu Kabupaten Bandung

Authors

  • Deti Rostini Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Kakay Karyana Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Prisna Defauzi Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Ahadiat Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Sri Haryani Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Narti Nurlaela Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35706/muntazam.v4i01.8511

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan sistem manajemen kegiatan ekstrakurikuler di SMP Angkasa Margahyu Kabupaten Bandung Dengan sub fokus meliputi : (1) perencanaan strategi kepala sekolah, (2) pelaksanaan strategi kepala sekolah (3) implikasi dari strategi kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari teknik tersebut dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, keabsahan data diperoleh dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah telah menggunakan prinsip- prinsip dari sistem manajemen. Adapun prinsip yang dimaksud yaitu perbaikan terus menerus dan berkelanjutan, fokus pada kegiatan dan keterlibatan total. Adapun indikatornya yaitu berkaitan dengan perbaikan terus menerus meliputi perbaikan kualitas dan kompetensi.

Kata Kunci: Strategi; Prestasi, EkstaKurikuler

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-06-30

How to Cite

Deti Rostini, Kakay Karyana, Prisna Defauzi, Ahadiat, Sri Haryani, & Narti Nurlaela. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Ekstrakurikuler di SMP Angkasa Margahayu Kabupaten Bandung. MUNTAZAM, 4(01), 1–8. https://doi.org/10.35706/muntazam.v4i01.8511

Most read articles by the same author(s)