MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI AGEN PERUBAHAN DALAM MEWUJUDKAN MODERASI BERAGAMA DI SMP ISLAM TERPADU AL-HUDA KOTA SUKABUMI

Authors

  • Deti Rostini Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Kakay Karyana Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Muhammad Faiz Habibi Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Yuyun Yuningsih Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Asan Azhari Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Yuniawati Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35706/muntazam.v3i02.8578

Abstract

Tujuan penilitan ini untuk mengetahui bagaiaman manajemen kepala sekolah sebagai agen perubahan dalam mewujudkan moderasi beragama di SMP Islam Terpadu Al-Huda Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMP Islam Terpadu Al-Huda telah mewujudkan moderasi beragama secara implisit dan efektif dengan cara membuat program yaitu (1) Teacher Day (pengajian khusus guru-guru),(2) kelas Tahsin, (3) Keputrian. Bentuk manajemen yang digunakan SMP Islam Terpadu Al-Huda dalam mewujudkan moderasi beragama yakni Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian.

Kata Kunci:. Manajemen, Kepala Sekolah, Moderasi Beragama

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-12-28

How to Cite

Deti Rostini, Kakay Karyana, Muhammad Faiz Habibi, Yuyun Yuningsih, Asan Azhari, & Yuniawati. (2022). MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI AGEN PERUBAHAN DALAM MEWUJUDKAN MODERASI BERAGAMA DI SMP ISLAM TERPADU AL-HUDA KOTA SUKABUMI . MUNTAZAM, 3(02), 95–109. https://doi.org/10.35706/muntazam.v3i02.8578

Most read articles by the same author(s)