Peran Kampus sebagai Wadah Pencetak Generasi Moderasi Beragama

Authors

  • Huril Aini Kemenag Magelang
  • Misbachol Munir SD Negeri Sumurkondang II Karawang
  • Nida'ul Munafiah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/wkip.v7i02.10056

Abstract

Moderasi beragama sejatinya adalah menciptakan insan-insan yang memahami agama secara baik, mendalam, dan mengimplementasikan dengan cara yang baik. Kampus tidak hanya menjadi tempat pendidikan formal, tetapi juga dapat dijadikan wadah yang mempromosikan pemahaman agama yang moderat dan kerjasama antaragama. Metode yang digunakan adalah studi pustaka (library research), yaitu pengumpulan data dengan cara mencari sumber dan merkontruksi dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan riset-riset yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan membahas bagaimana peran kampus dalam menanamkan moderasi beragama kepada generasi muda. Hasil penelitian menjelaskan bahwa moderasi beragama merupakan konsep yang mengacu pada sikap, pemahaman, dan praktik keagamaan yang seimbang, toleran, dan menghormati perbedaan dalam hal keyakinan agama dan spiritualitas. Kampus sebagai lembaga pendidikan dapat menjadi salah satu wadah yang mampu mencetak generasi penerus yang memiliki jiwa moderat melalui pembentukan lingkungan, pendidikan yang toleran, kurikulum yang mendukung moderasi beragama, kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farida, N. A., & Makbul, M. (2023). Konsep Pendidikan Menurut Ibnu Miskawaih dalam Kitab Tahdzib Al-Akhlaq Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam. 4(1), 30–36.

Ferianto Taufik Mustofa. (2023). Pembelajaran PAI Di PTN (Penelitian Di Universitas Singaperbangsa Karawang). Risalah-Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam Vo.9 No.2

Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. In Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama R.

Maskuri, M., Ma’arif, A. S., & Fanan, M. A. (2020). Mengembangkan Moderasi Beragama Mahasantri Melalui Ta’lim Ma’hadi di Pesantren Mahasiswa. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 32–45. https://doi.org/10.18860/jpai.v7i1.11239

Misbachol Munir, Nida’ul Munafiah. (2018). The Liberation Theology Of Asghar Ali Engineer And Its Relevance To Islamic Education Objectives. Unan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research Vol.2 No.1

Nurish, A. (2019). Dari Fanatism eke Ekstremisme, Ilusi, Kecemasan dan Tindakan Kekerasan [From Fanaticism To Extremism, Illusion, Anxiety and Violence]. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 21(1), 31–40.

Putri, N. M. A. A. (2021). Peran Penting Moderasi Beragama dalam Menjaga Kebinekaan Bangsa Indonesia. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 7, 16.

Rosyid, A. (2022). Moderasi Beragama di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan: Suatu Kajian Atas Alterasi Kebijakan Pendirian Rumah Moderasi Beragama. Tarbawi, 5(2), 101–110.

Ayumi, A. B., & Ferianto, F. (2023). Pengaruh Metode Pengajaran Kreatif terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika SDN Kranji II. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 1–8. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.9936

Aulia, A., & Munafiah, N. (2023). Konsep Keberkahan Pengasuhan Anak dalam Perspektif Islam. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 45–52. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.9950

Pramesti, A. N., & Makbul, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VII 5 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 15–23. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.10006

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Aini, H., Munir, M., & Munafiah, N. (2023). Peran Kampus sebagai Wadah Pencetak Generasi Moderasi Beragama. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(02), 95–103. https://doi.org/10.35706/wkip.v7i02.10056