Optimalisasi Pembelajaran PAI Berbasis Literasi Digital di SD IT Plus Qurthuba Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35706/wkip.v8i01.11366Abstract
Dunia pendidikan anak saat ini telah menghadapi tantangan yang sulit karena dihadapkan pada era digital atau era metaverse. Penelitian ini mengkaji peran orang tua dalam mengembangkan karakter anak Generasi Alpha di era metaverse menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi pustaka. Generasi Alpha, yang lahir antara tahun 2010 dan 2025, tumbuh dalam lingkungan yang sangat dipengaruhi oleh teknologi digital dan virtual. Metaverse, sebagai perwujudan dunia virtual yang semakin canggih, menghadirkan tantangan dan peluang baru dalam pengembangan karakter anak. Penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur terkait peran orang tua dalam mendidik anak di era digital, teori perkembangan anak, serta implikasi metaverse terhadap pendidikan karakter. Hasil studi menunjukkan bahwa orang tua memiliki peran krusial sebagai pendamping dan pengarah dalam penggunaan teknologi oleh anak. Orang tua perlu mengembangkan literasi digital mereka sendiri untuk dapat membimbing anak dengan efektif. Selain itu, penting bagi orang tua untuk menanamkan nilai-nilai moral dan etika yang kuat, mengajarkan empati, kerja sama, dan tanggung jawab melalui interaksi di dunia nyata maupun virtual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi antara pendekatan teknologi yang bijak dan penguatan nilai-nilai tradisional merupakan kunci dalam membentuk karakter anak Generasi Alpha yang adaptif dan berintegritas di era metaverse.
Kata Kunci: Era Metaverse, Generasi Alpha, Pendidikan Karakter, Peserta didik
Downloads
References
A.P, H. A. (2018). Studi Kasus Penggunaan Internet Yang Berbasis Pancasila Bagi Warga Perum Loh Agung Jaten Karangnayar. Jurnal Ius Constituendum, 3(1), 48. https://doi.org/10.26623/jic.v3i1.863
A, A., T, K., S, A., & Putra, A. B. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang.
Andreas Maurenis Putra. (2021). Alam, Manusia Dan Teknologi: Analisis Filosofis Dan Refleksi Teologis Terhadap Krisis Modern. Les “sola” de La Reforme, 15–36.
Arrosyid, R., & Romadlon, D. A. (2019). The Role Of Digital Literacy In Pai Learning In Improving The Quality Of Youth Worship. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 437–448. https://doi.org/10.37758/jat.v5i3.507
Aziz, S. (2023). Strategi Peningkatan Literasi Digital dalam Pembelajaran PABP dengan Menggunakan Google Dokumen. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 857–876. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.570
Azizah, S. N., Wirawan, V., Yunita, E., Pratiwi, R., Liriwati, Y., Bangsa, U. P., Jenderal, U., Yani, A., & Hasyim, U. (2021). The Advantages of Digital Literacy Skill and Technology Innovation to Improve Student Learning Result in Disruption of the Covid-19. Jurnal Iqra’, 6(2), 125–135. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/1159
Cheungkong, S. (2014). Mengembangkan literasi informasi dan keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran pengetahuan domain di kelas digital: Pengalaman mempraktikkan strategi kelas terbalik. Computers & Education, 78, 160–173.
Churchill, N. (2020). Development of students’ digital literacy skills through digital storytelling with mobile devices. Educational Media International, 57(3).
Fajriyati Nahdiyah, A. C., Chairy, A., Fitria, N., & Volta, A. S. (2024). Sisi Gelap Layar: Investigasi Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Psikologi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi (JIPP), 1(4), 169–175. https://doi.org/10.61116/jipp.v1i4.258
Gustirini, R., & Putri, A. (2020). Peningkatan Pengetahuan Remaja Tentang Dampak Negatif Paparan Pornografi Di Sma Negeri 14 Palembang. Khidmah, 2(1), 96–101. https://doi.org/10.52523/khidmah.v2i1.308
Hikamuddin, M. I. (2019). Improving Digital Library Literation Through Higher Order Thinking Skills Learning In Elementary School. Journal of Library and Information Sciences, 9(1), 12–25. https://doi.org/10.17509/edulib.v9i1.15566
Hsu, H. P., Wenting, Z., & Hughes, J. E. (2019). Developing Elementary Students’ Digital Literacy Through Augmented Reality Creation: Insights From a Longitudinal Analysis of Questionnaires, Interviews, and Projects. In Journal of Educational Computing Research (Vol. 57, Issue 6). https://doi.org/10.1177/0735633118794515
Ilyas, M., & Maknun, J. (2023). Strategi Pengembangan Literasi Keagamaan dalam Pendidikan Islam di Era Digital. Journal of Education and Religious Studies, 3(01), 08–12. https://doi.org/10.57060/jers.v3i01.70
Isnaini, I. (2019). Instilling Islamic Education Strategy. International Journal on Islamic Educational Research (SKIJIER), 3(2), 64–73.
Kailani, R., Susilana, R., & Rusman, R. (2021). Digital Literacy Curriculum in Elementary School. Teknodika, 19(2), 90. https://doi.org/10.20961/teknodika.v19i2.51784
Kambali, K., Muslikh, M., Hidayat, A., & Abdurakhman, R. N. (2023). Religion in Cyberspace: Islamic Religious Education in Social Media. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 129–142. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3886
Kardika, R. W., Rokhman, F., & Pristiwati, R. (2023). Penggunaan Media Digital terhadap Kemampuan Literasi Multimodal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6715–6721. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2307
Kardiyanto, W. (2023). Nilai Pendidikan Akhlak dalam Al-Quran ( Studi atas Kisah Nabi Yusuf dan Korelasinya dengan Kasus di Indonesia ). 1, 60–67.
Mas Ramadhan, G. (2021). Pengaruh Kompetensi Literasi Digital Mahasiswa Pgsd Dalam Memanfaatkan Google Apps Terhadap Perilaku Conten Evaluation. Journal of Elementary Education, 04(06), 965–966.
Masood, F. (2019). The Impact of Communication Technology on English Language in Pakistan. Pakistan Languages and Humanities Review, 3(II), 15–27. https://doi.org/10.47205/plhr.2019(3-ii)1.2
Mudra, H. (2020). Digital Literacy Among Young Learners: How Do Efl Teachers and Learners View Its Benefits and Barriers? Teaching English with Technology, 20(3), 3–24.
Muflihin, A. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sebagai Kecakapan Abad 21. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 91. https://doi.org/10.30659/jpai.3.1.91-103
Murni, D., Arif, Y., & Ria, S. (2023). Pencegahan Cyberbullying Pada Siswa Melalui Health Literacy Pada SDN 03 Alai Kota Padang. Buletin Ilmiah Nagari.
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Nur, L. (2018). Gambaran Penggunaan Internet Dalam Mencari Informasi Kesehatan Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) X. Jurnal Promkes, 6(2), 188–200.
Nurqozin, M., & Putra, D. (2023). Pembelajaran Berbasis Media Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Tebuireng III Indragiri Hilir Riau. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 637–646.
Pakpahan, F. H., & Saragih, M. (2022). Theory Of Cognitive Development By Jean Piaget. Journal of Applied Linguistics, 2(2), 55–60. https://doi.org/10.52622/joal.v2i2.79
Parimita, W., Eryanto, H., & Faslah, R. (2017). Pengembangan Perilaku Berinternet Sehat Melalui Pembuatan Blog Ilmiah Siswa. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 33–45. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.03
Pertamina. (2020). Keamanan Siber Perusahaan. https://www.pertamina.com/id/keamanan-siber-perusahaan%0Ahttps://penerbit.stekom.ac.id/index.php/yayasanpat/article/view/458
Pohan, N., Rasmita, & AR, H. K. (2023). Digital Literacy for MIN 5 Students in Padang City. 3.
Prastyo, A. T. (2021). Nilai-Nilai Kosmopolitanisme Islam dalam Budaya Literasi Digital di Kalangan Santri Mahad IAIN Kediri. LoroNG: Media Pengkajian Sosial Budaya.
Purwanti, C. S. (2016). Peluang Pelaporan Hasil Belajar Siswa melalui Internet. Jurnal Ilmiah WUNY, 7(2).
Puspitasari, T., Maulida, R., Tanjung, T., Hardi, T., & Haryono, W. (2020). Penggunaan Internet yang Sehat dan Aman Di Era Milenial SMK Pgri 31 Legok.
Rahman, D. (2019). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar dan Informasi. Perpustakaan Dan Informasi.
Rahmat, A. S., & Suparjana, S. (2023). Penerapan Kartu Kendali Literasi Digital Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berorientasi Literasi Di Sekolah Dasar. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 3(1), 22–32. https://doi.org/10.52738/pjk.v3i1.110
Republika. (2015). Indonesia Peringkat ke-2 Dunia Kasus Kejahatan Siber. Kominfo. https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/4698/Indonesia-Peringkat-ke-2-Dunia-Kasus-Kejahatan-Siber/0/sorotan_media
Rini, Q. K., & Sidhiq, A. (2017). Hubungan Tingkat Kesadaran Akan Keamanan Internet Dan Efikasi Diri Terhadap Internet. Psychology.
Saiful, S. (2023). Sistem Pendidikan Islam, Integrasi Ilmu Pengetahuan Agama dan Teknologi Digital. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1100–1107. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1659
Salahuddin, Syahnaz, E., Wijaya, V., & Wahyuni, S. (2020). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran Ips Siswa SDN 02 Kelas Iii Kab. Sambas. Journal of Scientech Research and Development, 2(2), 61–70.
Satriah, S. (2023). Penguatan Karakter Melalui Etika Berbahasa Pada Peserta Didik Mi/Sd. At-Taksis: Jurnal Pendidikan Dasar PGMI STAI Sangatta, 1(1), 01–09. https://doi.org/10.55799/attaksis.v1i1.303
Silalahi, D. E., Hakim, Eka Aprilya Handayani Munthe, B., Simanjuntak, M. M., Wahyuni, S., Mahmud, R., Jamaludin, Laela, N. A., Sari, D. M. M., & Hakim, Arif RahmanSafii, M. (2022). Literasi Digital Berbasis Pendidikan (Herman (ed.)). PT. Global Eksekutif Teknolog.
Silitonga, P. D. ., Waruwu, R., & Lombu, K. S. (2022). Literasi Digital untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 156487 Siramiramian. ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 1, 72–76. https://doi.org/10.54367/ulead.v1i2.1694
Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 1–7. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/14284/pdf
Sundahry, S., Muslim, F., & Kusmana, A. (2023). Pengaruh Teknologi Digital Pada Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 410–418. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1534
Tuhuteru, S., Kaiwai, O., Douw, L., Oni, W., Willi, F., Agapa, R., Kogoya, I., Mabel, R., Karoba, M., & Tabuni, I. (2021). Jadi Orang Hebat Dengan Berinternet Secara Sehat Di SMPN 18 Tangerang Selatan. Abdimas Indonesia, 1(2), 26–32. https://dmi-journals.org/jai/article/view/226
Tungka, N. F., Cipta, O., Tarinje, N., & Sabila, F. (2023). Peningkatan Literasi Digital Guru SD Melalui Penerapan Empat Prinsip Dasar Penguasaan. 1(03), 134–144. https://doi.org/10.58812/ejimcs.v1.i03
Wahidar, T. I., Sandry, A. S. S. P., Nurzafitri, A. A. E., Anedin, G. A. R., Nurhafizah, K., Syatika, O., Purba, A. D. R., Budiansyah, F., Ahilia, V. A., Sari, F. D., & Dewita, S. (2023). Peran Media Digital Terhadap Semangat Belajar Siswa Smpn 1 Pelalawan. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(9), 1114–1128. https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i9.1611
Wahyudi, A., Muflihah, T., Andriani, T. P., & Setiawan, A. (2022). Penguatan Literasi Digital Melalui Program Alih Tekhnologi Kampus Mengajar di SD Al Mufidah Surabaya. Jurnal Abdimas Adpi Sosial Dan Humaniora.
Yudi, W. W., & Rohma, F. R. (2022). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Islam Berbasis Literasi Visual dalam Meningkatkan Sikap Spiritual Siswa. Journal TA’LIMUNA, 11(2), 119–129. https://doi.org/10.32478/talimuna.v11i02.1064
Yulisnawati Tuna. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran di SD Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2005(November), 388–397.
Yumiarty, Y., Komalasari, B., & Kristiawan, M. (2021). The Urgency of Learning the History of Islamic Culture: Digital Literation Based. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 6(1), 49. https://doi.org/10.29240/ajis.v6i1.2328
Zalfa, A. (2022). Dampak Konten Dakwah Media Sosial Terhadap Perkembangan Religiusitas Mahasiswa PAI UNJ. AL-IDZAAH: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(01), 1–13. https://doi.org/10.24127/al-idzaah.v4i01.1709
Zonyfar, C., Sihabudin, & Khusaeri, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Memanfaatkan Sumber Belajar Di Internet Melalui Sosialisasi Edukasi Internet Cerdas, Sehat, Dan Aman. 1(1), 17–20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Sakti Tahir, Aswan, M. Makbul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal dapat diakses secara terbuka