Karakteristik Pola Pendidikan pada Masa Nabi Muhammad SAW dan Khulafa’ Ar-Rasyidin

Authors

  • Firmansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Siti Fatimah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Novia Ballianie Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Amir Hamzah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.35706/wkip.v8i01.11742

Abstract

Penelitian ini membahas tentang karakteristik pola pendidikan pada masa Nabi Muhammad Saw dan Khulafa' Ar-Rasyidin, dengan menyoroti metode pengajaran, kurikulum, serta dampaknya terhadap masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yang menggunakan teknik dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data dan selanjutnya dianalisis secara induktif. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa karakteristik pola pendidikan pada masa Nabi Muhammad Saw dan Khulafa' Ar-Rasyidin menunjukkan betapa pentingnya pendidikan dalam membentuk peradaban Islam. Metode pengajaran yang bervariasi, kurikulum yang komprehensif, serta peran sentral masjid dan institusi pendidikan formal, semuanya berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan moralitas dalam masyarakat. Dampak pendidikan yang diterapkan  pada masa Nabi Muhammad Saw dan Khulafa' Ar-Rasyidin masih terasa hingga saat ini, yang menunjukkan kekuatan dan relevansi pendidikan yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam.

Kata Kunci: karakteristik pola pendidikan; pendidikan pada masa Nabi Muhammad Saw; pendidikan pada masa Khulafa' Ar-Rasyidin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adib, A. (2021). Pola Pendidikan Islam Periode Khulafa’ Ar-Rasyidin. Jurnal Mubtadiin, 7(02), 297-312.

As’ari, E. (2023). Pelatihan Penerapan Teknik Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Staida Sumatera Selatan. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 127-137.

Aulia, A., & Firmansyah, F. (2024). Sejarah dan Perkembangan Seni Kaligrafi dalam Islam. Shaf: Jurnal Sejarah, Pemikiran dan Tasawuf, 1(2), 13-21.

Erfinawati, E., Zuriatin, Z., & Rosdiana, R. (2019). Sejarah Pendidikan Islam pada Masa Khulafa’ Ar-Rasyidin (11-41 H/632-661 M). Jurnal Pendidikan IPS, 9(1), 29-40.

Ferianto, F., Munafiah, N. U., Makbul, M., & Firmansyah, F. (2024). Ibnu Khaldun's Constructivism in Islamic Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 550-561.

Ferianto, M. P. I., Munafiah, N. U., Makbul, M., Nurlaeli, H. A., & Suryana, S. (2023). Filsafat dan Teori Manajemen Pendidikan Islam. Penerbit Mangku Bumi.

Firmansyah, F. (2013). Kedudukan, Peranan, dan Penghargaan Profesi Guru. Jurnal Ilmiah Cakrawala Pendidikan Seguguk, 1(1), 48-55.

Firmansyah, F. (2013). Kepemimpinan Kependidikan Perspektif Ibnu Khaldun. Jurnal Ilmiah Cakrawala Pendidikan Seguguk, 1(2), 66-75.

Firmansyah, F. (2021). Analisis Paham Al-Ittihad dan Al-Hulul dalam Tradisi Tasawuf Islam. An-natiq Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 1(2), 206-222.

Firmansyah, F. (2024). تحليل مادة كتاب الدرس دروس اللغة العربية الجزء الأول تأليف إمام زَركشى و إمام شُبانى فى الفصل السابع بمعهد الرّوضة الحسنة. Jurnal Al-Hibru, 1(1), 36-56.‎

Firmansyah, F., & Prasada, E. A. (2023). Penyuluhan Implementasi Program Sekolah Penggerak Berdasarkan SK Kemendikbud Nomor 162 Tahun 2021 di SD Negeri 13 Rantau Alai. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 12-22.

Firmansyah, F., & Zuhdi, M. (2023). The Strategy of Madrasah Development Amidst Globalization Challenges. EL-TARBAWI, 16(2), 225-250.

Firmansyah, F., Ali, M., Keumalawati, C., Rahmat, A., Rusnawati, R., & Abimayu, M. E. (2024). Aktualisasi Pendidikan Islam Masa Kini dalam Perspektif Pemikiran Muhammad Naquib Al-Attas. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 1-5.

Firmansyah. (2022). Mentoring Agama Islam: Alternatif Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Perguruan Tinggi Umum. Solok: Mitra Cendekia Media.

Hafiddin, H. (2015). Pendidikan Islam pada Masa Rasulullah. TARBIYA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 17-30.

Ikhwansyah, M. F., Tanjung, R., Maspul, K. A., Firmanysah, F., & Amalia, F. (2023). Building Children Character in Islamic Education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 893-897.

Intan, S. (2017). Kekhalifaan Umar Ibn Khattab (13-23 H/634-644 M). Rihlah: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan, 5(2), 137-150.

Munawaroh, N., & Kosim, M. (2021). Pendidikan Islam Masa Khulafa’ Ar-Rasyidin dan Perannya dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal Kawakib, 2(2), 78-89.

Munir, Samsul. (2016). Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Amzah.

Wikrama, M. F., & Ferianto, F. (2022). Meneladani Kisah Seorang Muadzin Pertama, Bilal Bin Rabbah. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6(02).

Pohan, N., Firmansyah, F., Lubis, M. A., Azizan, N., & Muhammadong, M. (2024). The Intersection of Islamic Epistemology and Higher Education Context: Analyzing the Roles and Challenges in Shaping the Islamic Identity Of Students. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 474-487.

Putri, J., & Ferianto, F. (2023). Kemajuan Peradaban Islam di Era Society 5.0. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 42–54.

Romli, S. A. (2024). The Urgency of Social Ethics in Santri Tradition at Muhammadiyah's Pesantren. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 5(1), 153-170.

Setiawan, A. I., & Pratama, M. A. Q. (2018). Karakteristik Pendidikan Islam Periode Nabi Muhammad Di Makkah dan Madinah. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 2(2), 130-137.

Siti Nurrahmah, M. ., & Ferianto, F. (2023). Kepribadian Seorang Pendidik Di Tinjau Dari Perspektif Hadits. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(02), 104–109.

Suliantoro, B. W., Asy'ari, F., Judijanto, L., Firmansyah, F., & Rozak, A. (2024). Change in Society in Modern Digital Age Societies. International Journal of Society Reviews, 2(2), 408-414.

Yatim, Badri. (2011). Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Rajawali Press.

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Firmansyah, F., Fatimah, S. ., Ballianie, N. ., & Hamzah, A. . (2024). Karakteristik Pola Pendidikan pada Masa Nabi Muhammad SAW dan Khulafa’ Ar-Rasyidin. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 8(01), 48–55. https://doi.org/10.35706/wkip.v8i01.11742