Strategi Manajemen Krisis Berbasis Islam dalam Menangani Kekerasan dan Intoleransi di SD Negeri Margakaya II
DOI:
https://doi.org/10.35706/wkip.v8i02.13081Abstract
Kekerasan dan intoleransi di lingkungan sekolah dasar menjadi tantangan serius dalam menciptakan iklim pendidikan yang aman dan inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen krisis berbasis nilai-nilai Islam yang diterapkan di SD Negeri Margakaya II dalam merespons dan menangani kasus-kasus kekerasan serta intoleransi di kalangan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak sekolah menerapkan strategi manajemen krisis yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam, seperti ta'awun (kerja sama), tasamuh (toleransi), dan ishlah (penyelesaian damai), dalam proses mediasi, pembinaan karakter siswa, serta pelibatan guru dan orang tua dalam penanganan konflik. Strategi ini terbukti mampu mereduksi eskalasi kekerasan, memperkuat hubungan sosial antar siswa, dan membentuk budaya sekolah yang harmonis. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan manajemen krisis berbasis Islam tidak hanya efektif dalam menangani konflik, tetapi juga membentuk ekosistem pendidikan yang berakar pada nilai moral dan spiritual.
Downloads
References
Aisya, & Riyadi, Y. A. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Kelurahan Siranindi di Bank Muamalat Indonesia Palu Sulawesi Tengah. Journal of Islamic Economic and Business, 2(2).
Arief, M. . (2022). strategi digital marketing pendidikan melalui platform youtube. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1).
Banjarnahor, astri rumondang, & Dkk. (2021). manajemen komunikasi pemasaran. Yayasan Kita Menulis.
Basori, W. (2019). Produk kreatif dan kewirausahaan otomatisasi dan tata kelola perkantoran untuk SMK/MAK Kelas XI. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2012). digital marketing: strategy implementation and practice (edisi ke 5). Pearson Education.
Damanik, R. (2021). Pemanfaatan youtube sebagai media promosi sekolah di era digital. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1).
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnall Pendidikan Tambusai, 5(1).
Ali, M. (2019). Manajemen Pendidikan: Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Al-Qaradawi, Y. (2001). Islam: Peradaban Masa Depan. Jakarta: Gema Insani Press.
Asmuni. (2020). “Manajemen Konflik dan Kekerasan di Sekolah Dasar.” Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 121-130.
Azra, A. (2002). Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Kompas.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Fattah, N. (2015). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Gusdurian Network Indonesia. (2021). Pedoman Pencegahan Intoleransi di Lingkungan Sekolah. Yogyakarta: GUSDURian.
Haris, A. (2020). “Implementasi Nilai-Nilai Islam dalam Menangani Konflik di Lingkungan Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 45–58.
Hasibuan, M.S.P. (2013). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemendikbud. (2020). Panduan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Sekolah. Jakarta: Direktorat GTK.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). California: Sage Publications.
Mulyasa, E. (2007). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Muttaqin, A. (2018). Pendidikan Islam Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Schein, E. H. (2010). Organizational Culture and Leadership (4th ed.). San Francisco: Jossey-Bass.
Sudrajat, A. (2022). “Strategi Manajemen Krisis Berbasis Kearifan Lokal dalam Pendidikan.” Jurnal Kependidikan, 13(2), 112–125.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyanto, B. (2016). Sosiologi Pendidikan: Suatu Kajian Sosiologis terhadap Problematika Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Zamroni. (2011). Pendidikan Demokratis dan Tantangan Global. Yogyakarta: Bigraf Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Farid Amd, Yadi Fahmi Arifudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal dapat diakses secara terbuka
