Optimalisasi Penggunaan Video Interaktif Berbasis Edpuzzle Dalam Pembelajaran PAI di Kelas VIII SMP Negeri 2 Kutawaluya
DOI:
https://doi.org/10.35706/wkip.v8i02.13085Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengoptimalkan penggunaan video interaktif Edpuzzle dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VIII SMPN 2 Kutawaluya. Latar belakang penelitian ini adalah siswa yang tidak terlibat dan tidak termotivasi karena pengajaran konvensional yang monoton. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. jenis penelitian yang dibahas pada penelitian ini, adalah deskriptif, jenis data yang digunakan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data meliputi sumber primer dan sekunder. Analisis data dalam penelitian dilakukan menggunakan teori Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Edpuzzle berhasil meningkatkan partisipasi aktif siswa, pemahaman materi, dan semangat belajar mereka. Namun, ada beberapa hambatan, seperti keterbatasan akses ke pelatihan guru dan teknologi. Menurut penelitian ini, infrastruktur harus disediakan untuk memaksimalkan penggunaan Edpuzzle dalam pembelajaran.
Downloads
References
Amaliah. (2020). Vol. 14, No. 1, April 2020. Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Program Studi Sastra Inggris, 14(1), 37–38.
Annida Suaidah; dkk. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Motivasi Belajar Pai Pada Peserta Didik Kelas VIII CDi SMP N1 Karawang Barat. 9(November), 90–97.
Arfa, Supriyatin, & Kurniawan. (2022). Mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan edpuzzle di SMPN 11 Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi Dan Sains, 15–24.
Hendri Adi, N., Wahda Wahdi, Y., Safi’i, M., & Yunesman. (2024). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Edpuzzle Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah Pertama. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 4(2), 238–248. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v4i2.21522
Kurniasih, S. R., Nugraha, M. S., & Muslih, H. (2023). Pengembangan bahan ajar video interaktif berbasis Edpuzzle dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 275–294.
Muliani, E., & Tindaon, J. (2021). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bagi Guru. 1(2), 77–80.
Nengsih, R., Hikmah, R., & Astuti, L. S. (2023). Pelatihan Penggunaan Edpuzzle dalam Pembelajaran di Kelas. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(2), 381–387. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i2.12528
Nurrifqy, Z. F. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(3), 2068–2080.
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47.
Pusat Bantuan Edpuzzle. (n.d.). Edpuzzle. Pusat Bantuan Edpuzzle.
Rahmah, & Jasiah. (2024). PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS EDPUZZLE PADA MODEL ASSURE DALAM MATA PELAJARAN FIKIH KELAS X MA HIDAYATUL INSAN PALANGKA RAYA. JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH, 468–478.
Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources ( Sumber Belajar ). Jurnal Kependidikan, 13, 194–205.
Simbolon, E. P. M., Sari, I. M., Pratiwi, W. P., & Susilo, A. (2024). PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Danadyaksa Historica, 4(2), 36–42.
Suarga, S. (2019). Hakikat, Tujuan Dan Fungsi Evaluasi Dalam Pengembangan Pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 8(1), 327–338.
Sugiyono, S., & Komariah, A. (2020). Metodologi penelitian kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March).
Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154
Warosari. (2022). Mengembangkan Penelitian Kualitatif Untuk Pendidikan Agama Islam. Jurnal Adzkiya, 6(1), 33–47.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lulu Nur Labibah, Iwan Hermawan, Nurhasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal dapat diakses secara terbuka
