Fiqih Kebhinekaan : Konsep Toleransi dalam Pendidikan Islam di Sekolah Multikultural
DOI:
https://doi.org/10.35706/wkip.v9i01.13109Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mengkaji konsep fiqih kebhinekaan dalam Islam serta menganalisis implementasinya dalam pendidikan Islam di sekolah multikultural. Fiqih kebhinekaan dipahami sebagai respons ajaran Islam terhadap realitas pluralitas manusia yang merupakan fitrah dan rahmat. Fiqh kebhinekaan mengajarkan prinsip-prinsip toleransi, keadilan, dan penghormatan terhadap perbedaan, sebagaimana tercermin dalam Al-Qur'an dan Hadis. Namun, dalam praktiknya, internalisasi fiqih kebhinekaan di sekolah masih menghadapi hambatan, seperti pemahaman fiqih yang tekstualis, keterbatasan kurikulum, pengaruh lingkungan sosial, serta kurangnya keteladanan guru. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dilakukan rekonstruksi kurikulum pendidikan agama, pelatihan kompetensi multikultural bagi guru, serta pengembangan program yang mendorong interaksi harmonis di antara siswa.
Downloads
References
Afif Gita Fauzi. “Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi Melalui Pendidikan Agama Islam.” Tanzhimuna 2, no. 2 (2023): 146–55. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v2i02.177.
Agus Munadir. “STRATEGI SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL,” 2015, 6. https://www.neliti.com/publications/71532/strategi-sekolah-dalam-pendidikan-multikultural.
Anwar, Syaiful, Muhammad Fauzi, Ahmad Yani, and Siswoyo Siswoyo. “Toleransi Dalam Pandangan Imam Mazhab Dan Ulama Kontemporer Perspektif Hukum Islam.” Hutanasyah : Jurnal Hukum Tata Negara 1, no. 2 (2023): 117–34. https://doi.org/10.37092/hutanasyah.v1i2.530.
Dewi Murni. “Toleransi Dan Kebebasan Beragama Dalam Perspektif Al-Quran.” Jurnal Syahadah 6, no. 2 (2018): 72–90.
Iman, Bagus Nurul. “Pembelajaran Multikultural Di Sekolah Dasar.” Jurnal PGSD 4, no. 02 (2019): 19–28. https://doi.org/10.32534/jps.v4i02.768.
Khoir, Mulyanto Abdullah, and Muhammad Isa Anshory. “Toleransi Dan Prinsip-Prinsip Hubungan Antarumat Beragama Dalam Perspektif Dakwah Islam.” Pawarta: Journal of Communication and Da’wah 1, no. 2 (2023): 52–78. https://doi.org/10.54090/pawarta.302.
Maarif, Ahmad Syafii, Lukman Hakim Saifuddin, M. Amin Abdullah, Syamsul Anwar, Azyumardi Azra, Hamim Ilyas, Zakiyuddin Baidhawy, et al. Fikih Kebinekaan. Edited by Muhammad Abdullah Darraz Wawan Gunawan Abdul Wahid and dan Ahmad Fuad Fanani. Cetakan I. Bandung: PT Mizan Production, 2015.
Mustafida, Fita. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural Di MIN I Kota Malang.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 1 (2020): 15–27. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i1.8085.
Nadliroh, Fatihatun. “Konsep Dasar Pendidikan Islam Fatihatun Nadliroh Suatu Bangsa . Dalam Konteks Islam , Pendidikan Memiliki Posisi Yang Sangat Strategis” 1, no. 3 (2024): 23–30.
Prihadi, Adhitya. “SOSIAL HORIZON Jurnal Pendidikan Sosial Problematika Pengembangan SDM Pendidikan Islam Multikultural Di Era Modernisasi Transformasi Dan Internalisasi Ilmu Pengetahuan Dan Nilai-Nilai Pada Diri Anak Didik” 11, no. 3 (2024). https://doi.org/10.31571/sosial.v11i3.8558.
Suara Muhammadiyah. “Melacak Fikih Kebhinekaan: Urgensi Dan Implementasi.” Suara Muhammadiyah, 2022. https://web.suaramuhammadiyah.id/2021/12/20/melacak-fikih-kebhinekaan-urgensi-dan-implementasi/.
Susan Asasiyah,Syifa Aqias Ignacia, Mubin, Nurul. “Menjaga Toleransi Melalui Praktik Pendidikan Multikultural” 2, no. 2 (2025): 287–92. https://jurnalistiqomah.org/index.php/jppi/article/view/3149.
Syakiroh, I, U Kulsum, I Ulumuddin, and ... “Integrasi Pendidikan Agama Islam Multikultural Dalam Pendidikan Menengah.” BUHUN: Jurnal …, 2024. https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/buhun/article/view/429%0Ahttps://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/buhun/article/download/429/136.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aisyah Fadhillah, Novi Nur Sa’diyah, Mohamad Sobirin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal dapat diakses secara terbuka
