Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.35706/wkip.v9i01.13111Abstract
Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, terutama dalam metode dan strategi pembelajaran. Inovasi pendidikan menjadi kunci utama dalam mengoptimalkan pembelajaran berbasis digital untuk menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran inovasi pendidikan dalam meningkatkan efektivitas dan kualitas pembelajaran digital. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dari berbagai sumber literatur yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan inovasi pendidikan, seperti penggunaan platform pembelajaran daring, media interaktif, dan kecerdasan buatan, dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memperluas akses informasi, serta mendorong pembelajaran yang lebih personal dan fleksibel. Namun, tantangan seperti kesenjangan digital, kesiapan pendidik, dan infrastruktur teknologi masih perlu mendapatkan perhatian serius. Kesimpulannya, inovasi pendidikan memainkan peran strategis dalam mendukung transformasi pembelajaran digital yang berkelanjutan dan inklusif.
Downloads
References
higher Barr, M. (2018). Student attitudes to games-based skills development: Learning from video games in education. Computers in Human Behavior, 80, 283–294. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.11.030
Bendapudi, N., Zhan, S., & Hong, Y. Y. (2018). Cultural Values Differentially Moderate the Benefits of Basic Education on Two Types of National Innovation Outputs. Journal of Cross-Cultural Psychology, 49(2), 199–222. https://doi.org/10.1177/0022022116650259
Blândul, V. C. (2015). Inovation in Education – Fundamental Request of Knowledge Society. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180(November 2014), 484–488. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.148
Burbules, N. C., Fan, G., & Repp, P. (2020). Five trends of education and technology in a sustainable future. Geography and Sustainability, 1(2), 93–97. https://doi.org/10.1016/j.geosus.2020.05.001
Chehade, M. J., Yadav, L., Kopansky-Giles, D., Merolli, M., Palmer, E., Jayatilaka, A., & Slater, H. (2020). Innovations to improve access to musculoskeletal care. Best Practice and Research: Clinical Rheumatology, https://doi.org/10.1016/j.berh.2020.101559 34(5), 101559.
Efendi, N. M. (2019). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), 173. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28788
Fitri, S. (2017). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 118 123. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5
Fleaca, E., & Stanciu, R. D. (2019). Digital-age Learning and Business Engineering Education-a Pilot Study on Students’ E-skills. Procedia Manufacturing, 32, 1051–1057. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.02.320
Fuad, D. R. S. M., Musa, K., & Hashim, Z. (2020). Innovation culture in education: A systematic review of the literature. Management in Education, 1997. https://doi.org/10.1177/0892020620959760
Juraschek, M., Büth, L., Martin, N., Pulst, S., Thiede, S., & Herrmann, C. (2020). Event-based education and innovation in Learning Factories - Concept and evaluation from Hackathon to GameJam. Procedia Manufacturing, (2019), 43–48.
https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.04.057 45
Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144–155.
Keinänen, M., Ursin, J., & Nissinen, K. (2018). How to measure students’ innovation competences in higher education: Evaluation of an assessment tool in authentic learning environments. Studies in Educational Evaluation, 58(October 2017), 30–36. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.05.007
Kristien, A. (2019). Pembelajaran STEM di NYPi Singapura sebagai Inspirasi Pendidikan di Indonesia. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 1–11.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Litster, J. D., Michaels, J. N., & Jacob, K. V. (2020). Particle technology education in the 21st century – Outcomes from the IFPRI sponsored workshop in Sheffield, April 2017. Powder Technology, 366, 144–149. https://doi.org/10.1016/j.powtec.2020.02.020
Marryono Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. 10, 48–52.
Mawarni, S., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan digital book interaktif mata kuliah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mahasiswa teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 84. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10114
Murtadho, M. A., & Wahid, F. (2016). Permasalahan Implementasi Sistem Informasi Di Perguruan Tinggi Swasta. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 2(1), 17. https://doi.org/10.26594/r.v2i1.441
OECD. (2016). Innovating Education and Educating for Innovation. https://doi.org/10.1787/9789264265097-en
Picatoste, J., Pérez-Ortiz, L., & Ruesga-Benito, S. M. (2018). A new educational pattern in response to new technologies and sustainable development. Enlightening ICT skills for youth employability in the European Union. Telematics and Informatics, 35(4), 1031 1038. https://doi.org/10.1016/j.tele.2017.09.014
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15275
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Rahman, A., & Nuryana, Z. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. 34–0. https://doi.org/10.31219/osf.io/8xwp6
Reflianto, & Syamsuar. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.
Rusdiana. (2014). Konsep inovasi pendidikan. Konsep Inovasi Pendidikan, 43.
Santos, H., Batista, J., & Marques, R. P. (2019). Digital transformation in higher education: The use of communication technologies by students. Procedia Computer Science, 164, 123 130. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.12.163
Sappaile, N. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Sikap Profesi Guru Tehadap Kinerja Penilaian Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(1), 66–81.
Setiawan, R., Mardapi, D., Pratama, A., & Ramadan, S. (2019). Efektivitas blended learning dalam inovasi pendidikan era industri 4.0 pada mata kuliah teori tes klasik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 148–158. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27259
Sharif, R. (2019). The relations between acculturation and creativity and innovation in higher education: A systematic literature review. Educational Research Review, 28(April), 100287. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.100287
Silalahi, P. (2015). Pengembangan Model Pelatihan Pengintegrasian Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika bagi Guru SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(1), 1–14.
Spring, J. (2012). Globalization of education. International Journal of Chinese Education, 1(2), 139–176. https://doi.org/10.1163/22125868-12340002
Surani, D., Gymmayil, O. A., & Mangkurat, U. L. (2019). Studi Literatur: Peran Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.
Suryadi, A. (2007). Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran. Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8(1), 6.
Syafaruddin, Asrul, Mesiono, P. (2012). Inovasi Pendidikan (Issue 9).
Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1), 40–52. https://uswim.e journal.id/fateksa/article/view/38
Wiseman, A. W., & Anderson, E. (2012). ICT-integrated education and national innovation systems in the Gulf Cooperation Council (GCC) countries. Computers and Education, 59(2), 607–618. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.02.006
Wu, N., & Liu, Z. K. (2021). Higher education development, technological innovation and industrial structure upgrade. Technological Forecasting and Social Change, 162(October 2020), 120400. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.120400
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lidia Oktavia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal dapat diakses secara terbuka
