RUMUSAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL Pasal 3 UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL NO 20 TAHUN 2003

Authors

  • Tajuddin Noor Fakultas Agama Islam UNSIKA

Abstract

Tulisan ini diangkat dari hasil penelitian penulis dua tahun yang lalu. Penulis menilai masih relevan untuk ditulis dan dikembangkan dalam bentuk artikel dengan bahasa yang populer untuk lebih memudahkan pembaca mencerna isi pesan yang ingin disampaikan. Tujuan pendidikan nasional harus menjadi acuan wajib para penyelenggara pendidikan  dari semua jenis dan jenjang pendidikan, karena sudah menjadi amanat yang tercantum dalam Undang-undang Sisdiknas no 20 tahun 2003. Secara lahiriyah tujuan pendidikan nasional sudah mencerminkan tiga domain ideal yakni domain cognitif, apektif, dan psycomotor.namun bila dikritisi lebih cermat melalui pendekatan nilai-nilai kandungan dan semangat ayat 30 surah ar Ruum dan ayat 172 surah al ‘Araaf, akan ditemukan ketidak sesuai yang berimplikasi terhadap persepsi dan pandangan para penyelenggara pendidikan dalam bersikap terhadap para anak didik. Mengapa, karena rumusan tujuan pendidikan nasional tersebut mengesankan atau tegasnya memposisikan insan indonesia (peserta didik), belum beriman dan seolah-olah iman dan taqwa itu diperoleh melalui pendidikan. Nilai-nilai apa yang terkandung dalam dua surah ar Ruum dan al ‘Araaf, dan  implikasi apa terhadap para pendidik dan peserta didik dari rumusan pendidikan nasional, serta rumusan bagaimana yang harus diperbaiki dalam tujuan pendidikan nasonal.

 

Kata Kunci: nilai-nilai, implikasi, rumusan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Maktabah As Sayamilah Abdullah Saleh, Abdurrahman, 2005.Teori-teori pendidikan Berdasarkan al Qur’an, PT. Rineka Cipta, Jakarta

Arcaro, Jeromi.S. 2005. Pendidikan berbasis mutu Yogyakarta: Pustaka pelajar

Buchori, Mochtar 1994, Spektrum Problematika Pendidikan di Indonesia.Yogyakarta Tiarawacana.

Hamka. 2015. Tafsir al Azhar Jakarta: GEMA INSANI Lektur jurnal Pendidikan Islam, Journal for Islamic Education, volume 17, no 2, Nopember, 2011.

Koesoema A. Doni, 2010, Pendidikan karakter Jakarta: Grasindo

Kumpulan Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, Direktorat Jendrral Pendidikan Islam Departemen Agama RI,2007

Mastuhu, 2004. Menata ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam abad 21. Yogyakarta: Safira Indonesia Press.

Madjid, Nurcholish 1992. Islam doktrin dan peradaban Jakarta: Paramadina

Mulyana, Rahmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan nilai.Bandung: Alfabeta.

Munir, Abdullah.2010. Pendidikan karakter Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Mustofa, Agus.2005, Menyelam ke Samudera Jiwa dan Ruh Surabaya:Padma Press

Nasih, Ahmad Munjin dan Kholidah, Lilik Nur 2009. Metode dan Tehnik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung : PT. Reflika Aditama.

Pidata, Made.2007 Landasan Kependidikan Jakarta: Rineka Cipta

Sumartana.Th. dkk.2005. pluralisme, komplik & Pendidikan Agama di Indonesia, Yogyakarta: Institut DIAN.

Siradj, Said Aqiel.1999. Islam Kebangsaan Fiqih Demokratik Kaum Santri, Jakarta: Pustaka Ciganjur.

Tafsir, Ahmad. 2012. Filsafat Umum PT.Remaja Rosda Karya Bandung

Tilaar, H.A.R. 2004 Paradigma Baru Pendidikan Nasional Jakarta: Rineka Cipta

Taufik, Ali Muhammad,2004. Praktik Manajemen Berbasis al Qur’an Jakarta Gema insani.

Published

2018-06-01

How to Cite

Noor, T. (2018). RUMUSAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL Pasal 3 UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL NO 20 TAHUN 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1347