INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SCHOOL CULTURE

Authors

  • Abdul Kosim Dosen Manajemen Pendidiikan Islam (MPI) FAI Unsika

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar manusia,untuk menjunjung peradaban manusia itu sendiri.Belakangan pendidikan Indonesia dapat sorotan yang cukup tajam dari berbagi kalangan . hal ini disebabkan lemahnya institusi pendidikan dalam melahirkan generasi yang berkarakter sesuai dengan harapan bangsa, bahkan sebaliknya terkesan, tidak mampu berbuat apa-apa,dihadapan kemunduran moral peserta didik (Degradasi Moral)
Diharapkan, pendidikan bukan saja melahirkan generasi yang memiliki kompetensi secara akademis, tetapi memiliki karakter yang melekat,sehiingga dapat mengoptimalkan potensi diri secara seimbang, tidak saja mencetak generasi yang pinter tetapi tetapi pinter dan soleh.
Kenapa ? Pendidikan karakter adalah jawabanya, Namun pada kenyataannya pendidikan karakter belum belum optimal dan belum maksimal, maka perlu optimalisasi pendidikan karakter diberbagai level pendidikan.
Optimalisasi pendidikan karakter salah satunya dengan konsep habituasi atau ta’wid (pembiasaan). Habituasi ini melalui seluruh komponen pendidikan mulai dari rumah, sekolah atau lingkungan dimana perserta didika berinteraksi. Sehingga pendidikan karakter bukan di wilayah kognitif saja tatapi ruh pendidikan yang masuk ke wilayah psikomotorik. Sekolah,dalam hal ini memegang peranan penting dalam proses internalisasi pendidikan karakter dengan habituasi sekolah dengan lingkungan yang sangat sarat dengan pendidikan karakter.
Kata Kunci: Internalisasi Pendidikan Karakter, School Culture

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Sa’dun. 2010. Model Pembelajaran Nilai dan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kehidupan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Anonim. 2003, Undang-Undang Republik Indonesia, 2014. Numor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas & Peraturan Pemerintah RI. tahun 2013, dan Standar Nasional pendidikan serta Wajib Belajar, Bandung: Citra Umbara. Busch Steve, Prater Doris L, Mac J Angus. 2009. The Effects of School Culture and Climate on Student Achievement. [versi elektronik]. International Journal of Leadership in Education. Vol. 12, No. 1.

Departemen Agama RI., Al-Qur’an dan Terjemahnya (Semarang: CV. Asy-Syifa’, 199). Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Disen Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas. Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.

Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan, 2011, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Moleong, Lexy J. 2000. Pendidikan Karakter Membangun Delapan Krakter Emas Menuju Indonesia Bermartabat. Yogyakarta.

Siti Aisyah dkk. (2007) Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono, 2014, Memahami penelitian kualitatif , Banung, CV. Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta: PT Indeks, 2009) Said, Moch. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah. Surabaya, Jaring Pena. Tilaar, H.A.R. 2002. Pendidikan Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Published

2021-06-30

How to Cite

Kosim, A. (2021). INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SCHOOL CULTURE. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 5(01). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1765