EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KARIR PENILIK

Authors

  • Abubakar Umar Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Unsika

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi implementasi kebijakan pembinaan karir penilik sebagai pengendali mutu dan evaluasi dampak program PAUDNI, menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik dan model evaluasi CIPP (context, input, process, dan product), dilaksanakan di Jakarta Utara Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Rumusan kebijakan nasional, sebagian besar telah sesuai dengan kebutuhan dan pengembangan karir penilik; 2) Permenpan RB, sebagain besar ketentuannya telah terimplementasicukup efektif; 3) Sebagain besar ketentuan Permenpan RB, terimplementasi secara efektif karena selaras dengan kebijakan Pemerintah setempat; dan 4) Permenpan RB memberi dampak positif terhadap pengembangan karier penilik, namun belum efektif dalam meningkatkan mutu layanan program PAUDNI. Implikasi hasil penelitian ini adalah merumuskan pedoman dan petunjuk teknis sebagai turunan dari Permenpan RB. Hasil penelitian ini menjadi bahan kajian dan perbaikan terhadap ketentuan yang belum sesuai.
Kata Kunci: Pembinaan karir, pengendalian mutu, dan evaluasi dampak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Said Zainal. Kebijakan Publik (Jakarta: Suara Bebas, 2006.

Amstrong, Michael. A Hand Book of Human Resource Management Practice. Philadelpia: Kogan Page Limited, 2006.

Antariksa, Yodhia, Carrer Strategy for Your Future Life, www: strategymanagement-net.

Creswell, John W. Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. Jakarta: KIK Press, 2003.

Dessler, Garry. Human Resource Management, 8th ed., New Jersey: Prentice Hall,Inc. Upper Saddle River, 2000.

Edward III, George C. Implementing Public Policy. Washington: Congressional Quarterly, Inc. 1980.

Hogwood, Brian W., dan Lewis A. Gunn, Policy Analysis for the Real World. Oxpord: Oxpord University Press, 1983.

Hessel Nogi S. Tangkilisan, Evaluasi Kebijakan Publik. Yogyakrta: Balairung, 2003.

Hasbullah, H. M. Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: P. T. Raja Grafindo Persada, 2014

Les Bell and Howard Stevenson. Education Policy; Process, Themes and Impact. New York: Routledge Taylor & Francis Group, 2006.

Mustopadidjaja, at al. Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia. (SANKRI) Jakarta: Lembaga Adminsitrasi Negara Republik Indonesia, 2003.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Moleong, Lexy J. Metodologi Gabungan: Kuantitatif, Kualitatif, dan Analisis Data. Jakarta: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, 2004.

Nur Djazifah ER dan Hiryanto. “Model Pengembangan Profesionalisme Penilik Pendidikan Luar Sekolah”, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Volume 04, Nomor 1, Maret 2001.

Pearson, Wayne. Public Policy: Pengantar Teori dan Praktik Analisis Kebijakan . Penerjemah: ri Wibowo Budi Santoso. Jakarta: Perbit Kencana Prenadamedia Group, 2014.

Rawls, John. A Theory of Justice. London: Oxford University Press, 1973.

Riant Nugroho. Public Policy. Jakarta: PT Gramedia, 2009.

Rivai, Veithzal. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Murai Kencana, 2003.

Said Zainal Abidin. Kebijakan Publik. Jakarta: Suara Bebas, 2006.

Stufflebeam, D.L., G. F. Madaus, & T. Kellaghan. Evaluation Models. Boston: Kluwer Academic Publishers, 2000.

Stufflebeam, D.L. H McKee dan B McKee. 2003. The CIPP Model for Evaluation. Paper presented at the 2003 Annual Conference of the Oregon Program Evaluation Network (OPEN). Portland, Oregon.

William N. Dunn. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Terjemahan Samodra Wibawa, dkk. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2003.

Wibawa, Samudra, et al., Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta: P.T. Raja Grafindo Perkasa, 1994.

Peraturan Perundang-undangan

Undang-undang Dasar Republik Indonesia 1945 dan amandemennya

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2010 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010-2014.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2010 Tentang Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya.

Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 02/III/PB/2011 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 38 Tahun 2013 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya.

______Nomenklatur & Persebaran Pendidik dan Tenaga Kependidikan Nonformal, 2004, Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda, Direktorat Tenaga Teknis, Jakarta

Published

2021-06-30

How to Cite

Umar, A. (2021). EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KARIR PENILIK. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 5(01). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1766