PERAN AYAH (FATHERING) DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI (Studi Kasus pada Anak Usia 5-6 tahun di RA NURHALIM Tahun Pelajaran 2018)

Authors

  • Dewi Siti Aisyah Dosen Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) FAI Unsika
  • Nancy Riana
  • Feronica Eka Putri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran ayah pada anak usia 5-6 tahun dalam perkembangan sosial. Penelitian ini dilakukan di RA Nurhalim pda tahun 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yaitu siswa TK A dan TK B di RA Nurhalim. Data dikumpulkan melalui teknik triangulasi data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran ayah sangat erat kaitannya dengan perkembangan sosial anak. Pada siswa Sy memiliki interaksi sosial yang kurang dengan temannya, jika dilihat dari peran ayah, maka siswa Sy tidak dekat dengan ayah, arahan ayahnya bahwa Sy harus pintar sangat melekat pada diri Sy, sehingga dia tidak mau bermain dengan temannya karena ingin pintar, ayah tidak memberikan penjelasan kembali kepada Sy karena pengasuhan lebih cendrung ke ibu. Pada subjek A diketahui bahwa ayah selalu meluangkan waktu setiap malam untuk berinteraksi. Berdasarkan hasil penelitian A mengetahui hak dan kewajibannya. A juga menunjukkan prilaku prososial, hal tersebut terlihat dari sopan santun A dan interaksi yang baik dengan lingkungannya. Hasil penelitian ini memiliki implikasi bahwa ayah juga harus berperan dalam perkembangan sosial anak, bukan hanya sebagai pencari nafkah.
Kata kunci: Peran Ayah, Anak Usia Dini, Perkembangan Sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Siti, dkk. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Banten: Universitas Terbuka, 2012

Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009

Dewantara, Ki Hadjar. Karya Ki Hadjar Dewantara. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Anak, 1977

Harmaini, dkk. Peran Ayah dalam Mendidik Anak. Jurnal Psikologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Vol. 10, No. 2, 2014

Hartati, Sofia. How To Be a Good Teacher and To Be a Good Mother. Jakarta: Enno Media, 2007

Hidayati, Farida, dkk. Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Psikologi Undip Vol.9, No.1, 2011

Katadata, Berapa Jumlah Penduduk Indonesia?, 12 Januari 2018 https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/01/12/berapa-jumlah-penduduk-indonesia (diakses pada tanggal 15 Maret 2018)

Miles, Matthew B & A. Michael Huberman. Analisis Dta Kualitatif: Alih Bahasa. Jakarta: UI-Press, 1992

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013

Morisson, George S. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Indeks, 2012

Nawawi, Hadari. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2005

Nurliza, Maulida dan Sri Intan Rahayuningsih. Peran Ayah dalam Stimulasi dengan Perkembangan Anak Usia Pzrasekolah di PAUD. Universitas Syah Kuala Banda Aceh, 2016

Patilima, Hamid. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2007

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI no.137 tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015

Santrock, John W. Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga, 2002

Soetjiningsih, Christiana Hari. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada, 2012

Somantri, Sutjihati. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama, 2007

Sujiono, Yuliani Nurani dan Bambang Sujiono. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks, 2010

Published

2021-12-31

How to Cite

Aisyah, D. S., Riana, N., & Putri, F. E. (2021). PERAN AYAH (FATHERING) DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI (Studi Kasus pada Anak Usia 5-6 tahun di RA NURHALIM Tahun Pelajaran 2018). Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 5(02). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1769