DIRASAH TAHLILIYAH: TAFSIR SURAT AT-TAHRIM AYAT 8-12

Authors

  • Oyoh Bariah Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Unsika

Abstract

Pembahasan dan analisa yang lebih mendalam akan dilakukan dengan lebih mendalam pada penelitian ini. Teori apa yang digunakan Quraish Shihab dalam menafsirkan surat Tahrim dan bagaimana kualitas penafsiran terhadap surat Tahrim ayat 6 dilihat dari sudut teori asbab an-nuzul dan munasabah ayat.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif kepustakaan (library Research), yaitu menghimpun data dari berbagai literatur, baik berupa buku, majalah, jurnal, atau bahan tertulis lainhya guna menemukan teori, prinsip dalil ataupun gagasan yang akan digunakan untuk menganalisa dan memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan fakta, keadaan, fenomena, variable dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan dan menyuguhkan hasil apa adanya. Hasil yang yang nantinya dikemukakan adalah hasil dari penalaran teori yang digunakan terhadap penafsiran para mufasir pada surat at-Tahrim ayat 8-12.
Hasil penelitian memperoleh pembahasan yang luas mengenai kehidupan seorang Rasul sebagai Uswah al-Hasanah. Beliau adalah Nabi Muhammad SAW sebagai seorang rasulullah juga tidak luput dari unsur kemanusiaan, masalah dan kesalahan yang terjadi memang sudah menjadi kehendak Allah dan menjadi ilmu pengetahuan bagi muslim lainnya, bagaiamana kita sebagai muslim dapat mnenyelesaikan suatu masalah dan cobaan telah terdapat dalam al-Quran dan hadis sebagai jalan keluar bahkan Rasulullah adalah contoh langsung bagi umatnya.
Kata Kunci: Dirasah, Tahliliyah, Tafsir

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Alusily, Syihabudin Sayyid Mahmud, Ruh al-Ma’ani Fi Tafsir Alqur’an al-Adhim Wa Sab’ul Matsani, Beirut: 1994

Al-Biqa’iy, Burhanudin Abi al-Hasan Ibrahim bin ‘Amr, Nuzm al-Durar Fi Tanasub a-Ayat wa al-Suwar, Beirut: 1995

Al-Maraghy, Ahmad Mustafa, Tafsir al-Maraghy, Mesir: Mustafa al-Baby al-Halaby, 1973

Al-Nahhas, Abi Ja’far Ahmad bin Muhammad bin Ismail, I’rab al-Qur’an, Al-Nahdah al-Arabiyah:1988

Al-Syafi’i, Sulaiman bin Umar al-Ujailiiy, Al-Futuhat al-Ilahiyah, Dar el-Fikr

Ali Hasan Al-‘Aridl, Sejarah dan MetodologiTafsir, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,1994)

Nur Kholis, Pengantar Al-Qur’an dan Hadis, (Yogyakarta: Sukses offset, 2008)

Published

2019-01-01

How to Cite

Bariah, O. (2019). DIRASAH TAHLILIYAH: TAFSIR SURAT AT-TAHRIM AYAT 8-12. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(02). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1773