PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU

Authors

  • Muhamad Taufik B.K Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FAI Unsika

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji hipotesis dan menemukan solusi permasalahan kepemimpinan transformasional dan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelatif. Teknik sampel menggunakan random sampling area dengan melibatkan sebanyak 57 guru SDN 1 Nagri Kidul kabupaten Purwakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment, uji determinasi, uji signifikansi, dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru dengan tingkat korelasi sedang (0,498) dan koefisien determinasi sebesar 0,248 atau 24,8 %. Upaya optimalisasi kinerja guru dapat dilakukan kepala sekolah melalui keteladanan, motivasi, kebijakan yang demokratis, memberikan reward, melakukan hubungan dan pendekatan personal yang baik serta menciptakan rasa aman dan nyaman dalam bekerja. Kepala sekolah juga perlu mengadakan pembinaan dan pengawasan yang tersistem dan terarah agar kinerja guru senantiasa mengalami perbaikan sehingga meningkatkan mutu pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Alfabeta.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Danim, Sudarwan. 2012. Kepemimpinan Pendidikan Kepemimpinan Jenius (IQ+EQ), Etika, Perilaku Motivasional, dan Mitos. Bandung: Alfabeta.

Daryanto dan Rachmawati, T. 2015. Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gacva Media.

Donkoh, etc. 2014. Effects Of Educational Supervision On Professional Development: Perception Of Public Basic School Teachers At Winneba, Ghana. British Journal of Education Volume 2 Nomor 6: 63-82.

Fatimah, Siti. 2015. Manajemen Kepemimpinan Islam dan Aplikasinya dalam Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fatturohman, Pupuh & Suryana, A. A. 2015. Supervisi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Harefa, A. 2000. Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta: Kompas.

Hidayat, Ara dan Machali, Imam. 2012. Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta : Kaukaba.

Hidayat, Ara dan Machali, Imam. 2016. The Handbook of Education Management; Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Yogyakarta : Kaukaba.

Hoojqan, Ali Ranjbar. etc. The Effect Of Educational Supervision On Improving Teachers’ Performances In Guidance Schools Of Marand. Indian Journal of Fundamental and Applied Life Sciences Vol. 5 No. 2 (2015): 1731-1735.

Jahari, Jaja dan Syarbini, A. 2013. Manajemen Madrasah Teori, Strategi dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Kaur, Avneet. 2013. Maslow’s Need Hierarchy Theory: Applications and Criticisms. Global Journal of Management and Business Studies Volume 3 Number 10 (2013) : 1061-1064.

Kusumaningtyas, dkk. 2015. Teacher Performance of The State Vocational High School Teachers in Surabaya. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) Volume 4 Nomor 2 (June 2015) : 76-83.

McCleskey, Jim Allen. 2014. Situational, Transformational, and Transactional Leadership and Leadership Development. Journal of Business Studies Quarterly Volume 5 Number 4 (2014) : 117-130.

Moynihan, Donald P. et. al. 2011. Setting the Table: How Transformational Leadership Fosters Performance Information Use. Journal of Public Administration Research and Theory Volume 22 Number 1 (2011), : 143-164.

Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosda Karya.

_________. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Muslim, Sri Banun. 2013. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Ozdemir, Tuncay Yavuz & Ramazan Yirci. 2015. A Situational Analysis of Educational Supervision in the Turkish Educational System. International Journal Edupij Volume 4 Issue 1-2 (2015) : 56-70.

Priansa, D. Juan. 2014. Kinerja dan Pofesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

_______________. 2014. Menjadi Kepala Sekolah dan Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Raisyifa, D. N., & Sutarni, N. 2016. Pengaruh Kinerja guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Volume 1 Nomor 1 Universitas Pendidikan Indonesia.

Rismawan, Edi. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja guru . Jurnal Administrasi Pendidikan Volume 22 Nomor 1 (April 2015) : 114-132.

Rusdiana. 2015. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sadeghi, Amir & Zaidatol Akmaliah Lope Pihie. 2012. Transformational Leadership and Its Predictive Effects on Leadership Effectiveness. International Journal of Business and Social Science Vol. 3 No. 7 (April 2012): 186-197.

Sagala, Syaiful. 2013. Manajemen strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sahgal, Punam & Anil Pathak. 2007. Transformational Leaders: Their Socialization, Self-Concept, and Shaping Experiences. International Journal of Leadership Studies Vol. 2 Issue 3 (2007) : 263-279.

Setiawan, Awang. 2014. Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Efektifitas Sekolah Pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Lemah Sugih kabupaten Majalengka. Tesis sarjana Administrasi Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2014. t.d.

Setiawan, Bahar Agus & Muhith, A. 2013. Transformational Leadership Ilustrasi di Bidang Organisasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Suharsaputra, U. 2013. Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama, 2013.

_______________. 2016. Kepemimpinan Inovasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi Mix Methode. Bandung: Alfabeta.

Sumaryana, Yayan. 2014. Pengaruh Kepemimpinan Intruksional Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja guru SD Negeri di Kota Sukabumi. Tesis Sarjana Administrasi Pendidikan. Bandung: Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia, 2014. t.d.

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suryobroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syukri, dkk. 2015. Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar pada Gugus I UPTD Dewantara Aceh Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Volume 3, Nomor 2 (Mei 2015).

Tesfaw, Tadele Akalu & Roelande H. Hofman. Relationship between instructional supervision and professional development. The International Education Journal: Comparative Perspectives Vol. 13, No. 1 (2014): 82-99.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. 2014. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Zakiyah, Siti. 2013. Pengaruh Budaya Sekolah dan Kinerja guru Guru terhadap Mutu Raudhatul Athfal di Kota Cimahi. Tesis Sarjana Administrasi Pendidikan. Bandung: Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia t.d.

Published

2019-10-01

How to Cite

B.K, M. T. (2019). PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/3170