PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER: KONSEP & PROBLEMATIKA

Authors

  • Astuti Darmiyanti Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ahcmad Junaedi Sitika Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Kajian pustaka Pendidikan Islam Kontemporer ini disusun untuk memberikan gambaran dari mulai pengertian pendidikan, pendidikan Islam, pendidikan kontemporer, sampai dengan pendidikan Islam kotemporer beserta problematikanya. Diawali dengan pemahaman bahwa mengurus masalah pendidikan seperti membuka gudang masalah yang penuh warna, kaya tantangan, sekaligus memunculkan banyak inovasi. Dilanjutkan dengan berbagai pendapat tentang pengertian pendidikan yang mengacu kepada Undang-undang Sisdiknas No. 20 tahun 2003 dan dilanjutkan dengan pendapat dari John Dewey, M.J Langeveld, Herman Horn, dan Ki Hajar Dewantara. Tinjauan dilanjutkan dengan memahami pengertian dari pendidikan Islam dan pendidikan kontemporer serta diakhiri dengan pembahasan pendidikan Islam kontemporer. Pembahasan secara ringkas juga disajikan terkait dengan beberapa hal yakni fenomena munculnya lembaga-lembagf-negatifa pendidikan formal (sekolah) Islam Terpadu (IT) beserta problematika yang terkait dengannya. Problematika yang ada yang meliputi peran, prospek dan berujung pada tantangan ke depan ynng harus kita hadapi dalam memasuki dan menghadapi sisi positif-negatif di era globalisasi juga menjadi bahan pemikiran yang disajikan.

 


Kata kunci: Konsep Pendidikan, Pendidikan Islam Kontemporer

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Hamdani, Djaswidi. 2005. Pengemba-ngan Kepemimpinan Transformasional Pada Lembaga Pendidikan Islam. Nuansa Aulia. Bandung. Azra, Azyumardi. 2002. Pendidikan Islam, Tradisi Modernisasi Menuju Milenium Baru. PT Logos Wacana Ilmu. Jakarta. Dewey, John. 2016. Democracy and Educa-tion – Diakses dari http://www.guten-berg.org Horn, H. Pengpertian Pendidikan – Diakses dari GuruPendidikan.co.id. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Menyiakan Generasi Emas 2045 – Memori Akhir Masa Jabatan Mendikbud 2010-2014. Biro Perencanaan Luar Negeri, Setjen Kemdikbud. Jakarta. Langeveld, M.J. – Diakses dari GuruPendidi-kan.co.id.

Lembaga Administrasi Negara RI. 2007. Pengantar Pendidikan – Modul Diklat Calon Widyaiswara. Jakarta. Minarti, Sri. 2013. Ilmu Pendidikan Islam (h 29). AMZAH. Jakarta. Muchsim, Bashori & Abdul W. 2009. Pendidikan Islam Kontemporer. PT Refika Aditama. Bandung. Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan MemoIslam (h 36). Remaja Rosda Karya. Bandung. Mujib, Abdul. 2014. Ilmu Pendidikan Islam (h 10-11). Kencana Prenada Media Group. Ramayulis. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia. Jakarta. Suryadi, Ace & Deden E. Ariffan. 2019. Membangun Meritokrasi Pendidikan Indonesia. Penerbit Esensi (Erlangga Group). Jakarta. Tafsir, Ahmad. 1994: dari http://wanty-visi-islami.blogspot.com/2013/01/25/makalah-problematika-pendidikan-islam.html. Wahyudi, M. Jindar. 2006. Nalar Pendidikan Qur’ani (h 53). Apeiron Philotes. Yogya-karta.

Published

2020-01-01