ISU-ISU KONTEMPORER PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Slamet Sholeh Fakultas Agama Islam Unsika

Abstrak

Studi ini didasarkan pada pemahaman bahwa pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk pribadi muslim yang hakiki. Generasi muda muslim harus dididik dengan konsep pendidikan Islam agar mereka mampu berkontribusi positif terhadap kebutuhan dan kemaslahatan umat serta masyarakat umum. Studi ini penting untuk memberikan arah pembaharuan dalam hal metode pembelajaran, pengembangan kurikulum dan pendekatan pengajaran yang berkaitan langsung terhadap efektifitas pendidikan Islam di lembaga pendidikan Islam.
Pertanyaan yang timbul adalah isu-isu penting apa saja yang berkembang dalam pendidikan Islam dan lembaga pendidikan Islam dalam menghadapi perkembangan zaman yang serba cepat, dan sejauh mana lembaga pendidikan Islam telah mentransformasikan diri dalam menghadapi perubahan dan tantangan global serta apa saja yang yang harus dilakukan untuk menjamin bahwa lembaga pendidikan Islam mampu menjawab tantangan zaman dan kebutuhan umat di era globalisasi.
Tulisan ini menjelaskan bahwa ada kebutuhan yang mendesak untuk mengiden-tifikasi isu-isu kontemporer yang harus ditindaklanjuti dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya dalam upaya melakukan pembaharuan pendidikan Islam kearah yang lebih baik. Tulisan ini lebih jauh menguraikan pandangan-pandangan untuk perubahan di bidang pengelolaan lembaga pendidikan Islam meliputi: peningkatan kualitas pendidik, pengembangan kurikulum, penerapan “Student Centered Approach”, pembinaan kesiswaan, penganggaran, pengelolaan sarana dan prasarana, peningkatan mutu pembelajaran, kompetensi lulusan, dan peningkatan hubungan lembaga pendidikan Islam dengan umat serta masyarakat luas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-26