“Pelayanan Publik Berbasis E-Government di Kabupaten Sumedang (Studi Kasus pada Unit Payanan Pengadaan Secara Elektronik di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika)”

Penulis

  • Evi Priyanti

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v2i1.1111

Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul Pelayanan Publik Berbasis E-Government di Kabupaten Sumedang (Studi Kasus pada Unit
Layanan Pengadaan Secara Elektronik di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) . Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh pelayanan dalam pengadaan barang dan jasa secara elektronik di Kabupaten Sumedang yang
belum maksimal seperti lambannya layanan elektronik untuk diakses pengusaha yang akan mengikuti pengadaan
barang dan jasa, kapasitas server yang masih kecil sehingga seringkali ada kerusakan berkas penawaran milik
pengusaha yang juga tidak bisa diakses oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP), dan Sumber Daya Manusia yang
belum optimal. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan tujuan dapat
menggambarkan dan menjelaskan bagaimana pelayanan publik berbasis e-government di Kabupaten Sumedang
yaitu pelayanan dalam pengadaan barang dan jasa secara elektronik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan publik dalam pengadaan
barang dan jasa di Kabupaten Sumedang sudah dilakukan dengan berbasis eletronic government yaitu dengan
menggunakan teknologi dan informasi yang dilakukan pemerintah dalam memberikan pelayanan khususnya kepada
para pengusaha yang akan mengikuti pengadaan barang dan jasa. Kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh
pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa secara elektronik tersebut dapat dilihat dari kriteria efektivitas,
kriteria efisiensi, kriteria keadilan, dan kriteria daya tanggap. Namun dari keempat kriteria tersebut masih ada
kekurangan dari kriteria daya tanggap bahwa masih sedikit dari pegawai yang ahli di bidang teknologi dan
informasi dalam pengadaan secara elektronik sehingga pemerintah Kabupaten Sumedang harus bisa meningkatkan
kualitas pelayanan yang lebih baik dalam pengadaan barang dan jasa secara elektonik.

Kata Kunci : Pelayanan publik, E-Government

Introduction

Dalam rangka mewujudkan pelaksanaan pemerintahan yang go

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-08

Cara Mengutip

Priyanti, E. (2017). “Pelayanan Publik Berbasis E-Government di Kabupaten Sumedang (Studi Kasus pada Unit Payanan Pengadaan Secara Elektronik di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika)”. Jurnal Politikom Indonesiana, 2(1), 110. https://doi.org/10.35706/jpi.v2i1.1111

Terbitan

Bagian

Jurnal Politikom Indonesiana