IDENTIFIKASI KAMPANYE GERAKAN LINGKUNGAN HIJAU DALAM MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN NASIONAL (Studi Kasus Tentang Identifikasi Kampanye Progam Lingkungan Hijau Melalui Tanaman Hidroponik Oleh Kodim 0503 Jakarta Barat)

Penulis

  • Yuliawati Yuliawati
  • Enjang Pera Irawan

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v3i1.1423

Abstrak

ABSTRAK

Permasalahan lingkungan dan ketahanan pangan nasional merupakan salah satu fokus perhatian pemerintah, berdasarkan hal tersebut maka peneliti meneliti topik terkait identifikasi kampanye gerakan lingkungan hijau mendukung ketahanan pangan nasional oleh Kodim 0503 Jakarta Barat. Metode penelitian ini yaitu kualitatif dengan desain studi kasus tunggal. Penelitian ini menunjukan bahwa kampanye gerakan lingkungan hijau dalam mendukung ketahanan pangan nasional ini dilatarbelakangi oleh masalah lingkungan. Tujuan dari program kampanye ini yaitu meningkatkan pengetahuan (knowledge), membentuk sikap (attitude), merubah perilaku (behavioral) masyarakat untuk mempu melakukan pengelolaan lingkungan. Khalayak sasaran program ini yaitu masyarakat dilingkungan kelurahan dan Sekolah-sekolah yang berada di Jakarta Barat. Manfaat program kampanye ini yaitu 1) Menjadikan TNI dalam hal ini Kodim 0503 Jakarta Barat semakin dekat dan dicintai masyarakat, sehingga berdampak positif pada citra dan reputasi TNI, 2) Masyarakat teredukasi dan tergerak untuk mengelola lingkungan hijau 3) Peningkatan lingkungan menjadi lebih bersih, sehat, tertata, dan nyaman. Hasil penelitian ini menyarankan agar proses identifikasi khalayak melibatkan berbagai stakeholder, sehingga proses identifikasi menjadi lebih tepat.

 

Keyword: Kampanye, Lingkungan, Hidroponik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-07-31

Cara Mengutip

Yuliawati, Y., & Pera Irawan, E. (2018). IDENTIFIKASI KAMPANYE GERAKAN LINGKUNGAN HIJAU DALAM MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN NASIONAL (Studi Kasus Tentang Identifikasi Kampanye Progam Lingkungan Hijau Melalui Tanaman Hidroponik Oleh Kodim 0503 Jakarta Barat). Jurnal Politikom Indonesiana, 3(1), 197. https://doi.org/10.35706/jpi.v3i1.1423

Terbitan

Bagian

Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Politikom Indonesiana