Representasi Makna Konsumerisme Dalam Iklan Ramayana Ramadhan #KerenLahirBatin di Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Penulis

  • Nabilah Nurjayanti
  • Weni A Arindawati

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v4i1.2001

Abstrak

Iklan merupakan bentuk promosi yang paling dikenal dan paling banyak dibahas karena daya jangkauannya. Salah satu produk yang juga memanfaatkan iklan televisi sebagai media promosi pada bulan Ramadhan adalah Ramayana. Dalam iklan Ramayana Ramadhan #KerenLahirBatin ditemukan bahwa adanya makna denotasi, konotasi dan mitos tentang makna pesan yang terdapat dalam iklan Ramayana Ramadhan. Makna konsumerisme yang ditunjukan dari iklan ini, secara makna denotatif dan konotatif bahwa berbelanja di sini dikesankan berlebihan dan mementingkan hasrat konsumsi produk yang direpresentasikan dan dilekatkan pada makna lebaran. Sedangkan esensi pesan lebaran (Idul Fitri) justru melepaskan hawa nafsu/hasrat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-07-25

Cara Mengutip

Nurjayanti, N., & Arindawati, W. A. (2019). Representasi Makna Konsumerisme Dalam Iklan Ramayana Ramadhan #KerenLahirBatin di Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jurnal Politikom Indonesiana, 4(1), 186–201. https://doi.org/10.35706/jpi.v4i1.2001

Terbitan

Bagian

Jurnal Politikom Indonesiana