REAKTUALISASI ‘SEMANGAT KEPUBLIKAN BIROKRASI’ DI ERA REFORMASI

Penulis

  • Dadi Junaedi Iskandar

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v1i1.310

Abstrak

Abstrak
Citra dan wibawa pemerintahan yang efektif tercermin dari profil pemerintahan yang efektif dan kompeten. Akuntabilitas kinerja PNS dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya perlu terus diaktualisasikan. Sebab, perspektif administrasi publik modern menekankan pentingnya dimensi profesionalisme, transparansi dan akuntabilitas birokrasi pemerintahan dalam menjalankan fungsi dan peran sebagai public servant. Era dan semangat reformasi belum mampu mengangkat birokrasi yang lebih profesional, mumpuni dan berkarakter “the spirit of publicness”.
Pelayanan publik yang adil, profesional dan memenuhi aspek-aspek kualitas dan kepuasan layanan merupakan hakiki cerminan kinerja aparatur pemerintahan yang efektif dan akuntabel. Permenpan No PER/01/M.PAN/01/2007 menjelaskan bahwa di era demokratisasi ini dan dalam rangka persiapan memasuki era globalisasi serta perdagangan bebas nanti, masyarakat sangat mendambakan perubahan yang mendasar dalam penyelenggaraan pemerintahan.
Kata kunci: birokrasi, pelayanan sepenuh hati, ‘semangat kepublikan birokrasi’,

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-07-27

Cara Mengutip

Iskandar, D. J. (2016). REAKTUALISASI ‘SEMANGAT KEPUBLIKAN BIROKRASI’ DI ERA REFORMASI. Jurnal Politikom Indonesiana, 1(1), 233. https://doi.org/10.35706/jpi.v1i1.310

Terbitan

Bagian

Jurnal Politikom Indonesiana