Dampak Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa Telkom University
DOI:
https://doi.org/10.35706/jpi.v4i2.3236Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan teknologi yang pesat khususnya di bidang internet maka perusahaan game online-pun tidak mau tertinggal untuk berlomba-lomba membuat game. Remaja atau mahasiswa merupakan target dalam pasar game online sehingga kecenderungan bermain game online memiliki dampak perilaku sosial dampak ini dibagi menjadi dua dampak negatif maupun positif. Maka di lakukannya penelitian ini dengan bertujuan untuk menjelaskan dampak negatif maupun positif dari memainkan game online tersebut terhadap perilaku sosial mahasiswa Telkom University. Penelitian ini menggunakan metode mengumpulkan data dari para pemain game online melalui kuesioner dan wawancara secara langsung.Dengan demikian, kesimpulan yang didapat adalah bermain game online tidak membutuhkan banyak waktu, dari kuesioner atau wawancara secara langsung hasil yang diperoleh rata-rata pemain memiliki 1-2 jam durasi permainan dalam satu hari. Namun, intensitas permainan selalu konstan setiap hari sehingga permainan game online ini cukup tinggi bagi mereka mahasiswa yang notabenenya mereka masih memiliki tanggung jawab tugas kuliah, kuis dan sebagainya.
Kata Kunci: Game Online, Perilaku Sosial, Mahasiswa, Telkom University