Strategi Komunikasi Marketing dalam menarik minat pengunjung Ujung Berung Town Square

Authors

  • Aprillina Harsa Putri Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Maya Retnasary Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v5i1.3692

Abstract

Transformasi Bandung Timur Plaza merupakan salah satu proyek percontohan pengelolaan pedagang kaki lima di Bandung oleh Koperasi. Proses transformasi dimulai dengan perubahan nama Bandung Timur Plaza menjadi Ujung Berung Town Square pada tahun 2016. Strategi komunikasi pemasaran yang tepat perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola Ujung Berung Town Square dalam menarik minat pengunjung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi ke lapangan dan wawancara semi terstruktur. Pendekatan penelitian ini dibangun dengan model bauran komunikasi pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelola Ujung Berung Town Square memilih empat bauran pemasaran yang paling efektif meningkatkan jumlah pengunjung yaitu Periklanan, Hubungan Masyarakat dan Publisitas, Promosi Penjualan serta Pemasaran Online dan Media Sosial. Komunikasi Pemasaran yang dilakukan telah berhasil meningkatkan rata-rata jumlah pengunjung sebanyak 26,42% dari kurun waktu 2018 hingga 2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gumilang, G. S. (2016). Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 156.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen (15th ed.). USA: Pearson Education, Inc.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisied). Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Muhammad, A. (2009). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Pujileksono, S. (2016). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing.

Tjahyono, N. (2014). Strategi Marketing Communications Grand City Mall Surabaya Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Event Earth Hour 2013. Jurnal E-Komunikasi, 2(1).

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66.

Published

2020-06-07

How to Cite

Putri, A. H., & Retnasary, M. (2020). Strategi Komunikasi Marketing dalam menarik minat pengunjung Ujung Berung Town Square. Jurnal Politikom Indonesiana, 5(1), 196–202. https://doi.org/10.35706/jpi.v5i1.3692

Issue

Section

Jurnal Politikom Indonesiana