Strategi Unit Pelaksana Teknis Dinas Penelitian dan Pengembangan Keramik Dalam Peningkatan Pemasaran Keramik Plered Kabupaten Purwakarta

Penulis

  • Tri Ibnu Pamungkas Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadan Kurniansyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rachmat Ramdani Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v7i2.7962

Abstrak

Di Kabupaten Purwakarta, tepatnya di Kecamatan Plered sudah dari zaman dahulu sudah terkenal dengan usaha keramiknya. Untuk membantu para pengrajin keramik dalam pemasaran keramik, pada tahun 2002 Pemerintah Kabupaten Purwakarta membentuk UPTD Penelitian dan Pengembangan Keramik. Namun pada tahun 2019 terjadi penurunan grade yang membuat berganti nama menjadi UPTD Pengembangan Sentra Keramik. Seiring berjalannya waktu terdapat permasalahan seperti kurangnya regenerasi pengrajin, kurangnya pengrajin yang melakukan ekspor dan kurangnya tenaga ahli di uptd. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menemukan strategi alternatif Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengembangan Sentra Keramik Dalam Peningkatan Pemasaran Keramik Plered Kabupaten Purwakarta. Teori yang digunakan yaitu Analisis SWOT menurut Freddy Rangkuti (2005) dengan empat komponen analisis yaitu: Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling. Lokasi penelitian di UPTD Pengembangan Sentra Keramik Kabupaten Purwakarta dan rumah pengusaha dan pengrajin di Kabupaten Purwakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang dilakukan UPTD Pengembangan Sentra Keramik Kabupaten Purwakarta dalam peningkatan keramik Plered di Kabupaten Purwakarta sudah berjalan cukup baik, namun perlu adanya peningkatan kualitas dari pegawai UPTD Pengembangan Sentra Keramik Kabupaten Purwakarta, penambahan tenaga ahli, melakukan promosi-promosi serta pelatihan kepada para pengrajin keramik agar tujuan peningkatan pemasaran keramik Plered di Kabupaten Purwakarta dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Kata Kunci: Strategi, Analisis SWOT, Pemasaran Keramik Plered

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-29

Cara Mengutip

Pamungkas, T. I., Kurniansyah, D. ., & Ramdani, R. (2022). Strategi Unit Pelaksana Teknis Dinas Penelitian dan Pengembangan Keramik Dalam Peningkatan Pemasaran Keramik Plered Kabupaten Purwakarta. Jurnal Politikom Indonesiana, 7(2), 1–18. https://doi.org/10.35706/jpi.v7i2.7962

Terbitan

Bagian

Jurnal Politikom Indonesiana

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

> >>