MENAKAR ASPEK HUKUM KETENAGAKERJAAN DALAM BIDANG USAHA JASA PERIKLANAN

Penulis

  • Radhyca Nanda Pratama LPDB - KUMKM Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/positum.v6i1.5490

Abstrak

ABSTRAK

Pemanfaatan dan keterlibatan pelaku periklanan oleh perusahaan periklanan dalam industri periklanan Indonesia sudah bukan rahasia umum lagi. Adanya iklan yang sering dijumpai pada setiap iklan yang ada di televisi merupakan semacam daya tarik tersendiri untuk menarik konsumen agar membeli produk yang ditawarkan melalui iklan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara perusahaan periklanan dan pelaku periklanan terkait dengan konstruksi hubungan kerja berdasarkan UU Ketenagakerjaan serta untuk mengidentifikasi dan menganalisis karakteristik perjanjian antara perusahaan periklanan dan pelaku periklanan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif dengan pendekatan patung dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian dalam artikel ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan kerja antara perusahaan periklanan dengan pelaku periklanan berdasarkan dan pemenuhan unsur pekerjaan, unsur perintah, dan unsur upah sebagaimana diatur dalam UU Ketenagakerjaan. Ciri-ciri perjanjian antara perusahaan periklanan dengan pelaku periklanan antara lain perjanjian kerja dengan jenis tertentu Perjanjian Kerja Pengangkatan Sementara.

Kata Kunci: Hubungan Kerja, Periklanan, Perjanjian Kerja.

ABSTRACT

Utilization and involvement of advertising actors by advertising companies in the Indonesian advertising industry is no longer a public secret. The existence of an advertisement that is often found in every advertisement which is on the television is a kind of special attraction to attract consumers to buy products offered through advertisements. The purpose of this study is to analyze the connection between advertising companies and advertising actors related to the construction of work relationship based on the Manpower Act and to identify and analyze the characteristics of agreements between advertising companies and advertising actors in accordance with applicable regulations. The research method used is normative legal research with the statue approach and conceptual approach. The research results in this article indicate that there is a working relationship between advertising companies and advertising actors based on and fulfilling the elements of work, elements of orders, and elements of wages as stipulated in the Manpower Act. Characteristics of an agreement between an advertising company and an advertising actor include an employment agreement with a specific type of Temporary Appointment Work Agreement.

Keywords: Work Relationship, Advertisement, Work Agreement.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-28

Cara Mengutip

Nanda Pratama, R. . (2021). MENAKAR ASPEK HUKUM KETENAGAKERJAAN DALAM BIDANG USAHA JASA PERIKLANAN. Jurnal Hukum Positum, 6(1), 41–70. https://doi.org/10.35706/positum.v6i1.5490