Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP dalam Materi Aljabar

Penulis

  • Farah Nai'lah Khairunnisa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lessa Roesdiana Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aljabar ditinjau dari tahapan Polya. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu 38 siswa kelas VIII-I SMP Negeri 3 Karawang Barat Tahun Ajaran 2023/2024. Yang menjadi sampel dari penelitian yaitu empat siswa dengan kategori rendah, sedang, dan tinggi. Pengambilan data diperoleh dengan instrumen tes dan instrumen non tes wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa berkategori rendah belum mampu memecahkan masalah karena tidak mampu memahami masalah. Siswa berkategori sedang juga belum mampu memecahkan masalah karena terdapat siswa yang hanya mampu menyusun rencana tetapi kesulitan dalam melakukan proses perhitungan dan terdapat juga siswa yang mampu menyusun rencana dan mampu melakukan perhitungan dengan tepat. Sedangkan siswa berkategori tinggi sudah mampu memecahkan masalah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-09

Cara Mengutip

Khairunnisa, F. N., & Roesdiana, L. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP dalam Materi Aljabar. Prosiding Sesiomadika, 5(3). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/10308

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>