KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Penulis

  • Anugrah Dwi Ayu Lestari
  • Lessa Roesdiana

Abstrak

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam proses pembelajaran matematika untuk menyelesaikan permasalahan matematis adalah kemampuan berpikir kritis matematis. Artikel ini merupakan studi awal untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX salah satu sekolah di Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah soal tes yang telah divalidasi untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis dengan bentuk uraian. Hasil penelitian ini menunjukan nilai hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan kategori tinggi sebesar 25%, pada kategori sedang sebesar 45% dan pada kategori rendah sebesar 30%. Dengan rata-rata indikator kemampuan berpikir kritis matematis siswa yaitu sebesar 39,25%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggraini, R., & Murni, A. (2015). Hubungan Kemampuan Numerik dengan hasil Belajar Matematika Siswa SMP YLPI Perhentian Marpoyan Pekanbaru. 7th International Seminar or Regional Education (pp. 1009-1014). Pekanbaru: Educational Community and Curtural Diversity.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: PT Refika Aditama.

Laelasari, I., & Adisendjaja, Y. H. (2018). Mengeksplorasi Kemampuan Berpikir Kritis Dan Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Kegiatan Laboraorium Inquiry Sederhana. Journal of Natural Science Teaching, 14-19.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 155-158.

Rahmawati, I., Hidayat, A., & Rahayu, S. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana (pp. 1112-1119). Malang: pasca.um.ac.id.

Rahmayani, S. R., & Effendi, K. N. (2019, Maret). KEMAPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI HIMPUNAN. JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA, pp. 10-18.

Sari, M., Susiswo, & Nusantara, T. (2016). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII-D SMP NEGERI 1 GAMBUT . Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 254-264). Malang: http://jurnal.fkip.uns.ac.id.

Zanthy, L. S. (2016). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PILIHAN JURUSAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DI STKIP SILIWANGI BANDUNG . Jurnal Teori dan Riset matematika (TEOREMA) Vol. 1.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-20

Terbitan

Bagian

Artikel