Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Soal Cerita Bilangan Bulat

Penulis

  • Seli Marselina Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lessa Roesdiana Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMPN 5 Cipatujah, Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan instrumen tes dan observasi. Populasi pada penelitian ini merupakan siswa kelas VII A sebanyak 25 orang. Tes yang diberikan yaitu tes tertulis  berupa soal sebanyak 3 butir soal cerita mengenai operasi hitung bilangan bulat. Penyelesaian soal yang diberikan sesuai dengan indikator kemampuan pemecahan maslah matematis menurut Polya, yaitu : (1) memahani masalah (2) menyusun rencana penyelesaian (3) melakukan rencana penyelesaian (4) memeriksa kembali. Pada hasil penelitian diperoleh tingkatan kemampuam pemecahan masalah matematis siswa, 12% siswa dengan kemampuan tingkat tinggi yaitu sebanyak 3 orang, 8% siswa dengan kemampuan tingkat sedang yaitu sebanyak 2 orang, dan 80% siswa dengan kemampuan tingkat rendah yaitu sebanyak 20 orang. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII A SMPN 5 cipatujah masih tergolong rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-19

Cara Mengutip

Marselina, S., & Roesdiana, L. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Soal Cerita Bilangan Bulat. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7672

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>