UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING

Penulis

  • CICI FEBRIANTI Program Studi Pendidikan Matematika Univeritas Singaperbangsa Karawang
  • LESSA ROESDIANA Program Studi Pendidikan Matematika Univeritas Singaperbangsa Karawang
  • ADI IHSAN IMAMI Program Studi Pendidikan Matematika Univeritas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa dalam pembelajaran. Di dalam kurikulum 2013 ada beberapa model pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan, salah satu diantaranya yaitu pembelajaran berbabis masalas(problem-based learning). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem-based learning, serta mengetahui ada atau tidaknya perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran discovery. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan bentuk kelompok non ekuivalen. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Rawamerta dengan mengambil dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII C dan VII D yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran problem-based learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa. Kemampuan komunikasi dan minat belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem-based learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery. Kesimpulan tersebut terlihat dari hasil analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dengan taraf signifikan   = 0,05 diperoleh nilai signifikan untuk kemampuan komunikasi matematis 0,005. Sedangkan nilai signifikan untuk minat belajar siswa 0,001

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aritonang, K.T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. 10, (7), 11-21.

Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Dina, Arifatud. Dkk. 2015. Jurnal Karya Pendidikan Matematika.”Implementasi Kurikulum 2013 Pada Perangkat Pembelajar Model Discovery Learning Pendekatn Scientific Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Geometri SMK”. Volume 2 Nomor 1, ISSN : 2339-2444.

Ginintasari, R. (2012). Komunikasi. [online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/ FIP/JUR._PSIKOLOGI/195009011981032Rahayu_Ginintasasi/Komunikasi.pdf. Diakses pada: 18 September 2017.

Kartika, Hendra. 2014. Jurnal Pendidikan UNSIKA. “Pembelajaran Matematika Berbantu Software MATLAB sebagai Upaya Meningktkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa SMA”. Volume 2 Nomor 1, 26-28, ISSN 2338-2996.

Kusumawati, Elli. 2016. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Pada Materi Garis Dan Sudut Di SMPN 13 Banjarmasin”.Volume 4, Nomor 2(2016).

Marfuah. (2010). Jurnal Edukasi Matematika. “Pengaruh Kegiatan Rekreasi Matematika di Mathematics Playground Terhadap Peningkatan Minat Belajar Matematika Siswa SMP”.Volume 1, Nomor 1, 29-34.

Murniati, Endyah. 2007. Kesiapan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Surabaya. SIC.

Octavia, Esther Putri. (2016). Digital Repository Universitas Negeri Medan. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dikelas VII-2 SMPN Negeri 1 Bandar T.P 2015/2016”.

Perwitasari, Dewi dan Edy Surya.2017. The Development of Learning Material Using Problem Based Learning to Improve Mathematical Communication Ability of Secondary School Students. IJSBAR(International Journal Of Sciences:Basic and Applied Research). https://www.researchgate.net/profile/Edy_Surya5/publication/318561104_The_Development_of_Learning_Material_Using_Problem_Based_Learning_to_Improve_Mathematical_Communication_Ability_of_Secondary_School_Students/links/5970351f4585158a48ff9438/The-Development-of-Learning-Material-Using-Problem-Based-Learning-to-Improve-Mathematical-Communication-Ability-of-Secondary-School-Students.pdf. Diakses pada 13 September 2017.

Pramono, T. 2001. “Kontribusi Kreativitas Terhadap Minat Belajar Matematika Berprestasi Tinggi Siswa Kelas 1 SMK YPPK 1 Sleman Yogyakarta”. [online].Tersedia:http://opini.wikispaces.com/file/view/minat+belajar+mtk.pdf. Diakses Pada 09 Januari 2018.

Rachmayani, Dwi. 2014. Jurnal Pendidikan UNSIKA. “Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa”.Volume 2 Nomor 1, ISSN 2338-2996.

Roesdiana, Lessa. 2016. Jurnal Pendidikan UNSIKA.”Pembelajaran Dengan Pendekatan Methaporical Thingking untun Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematis Siswa. Volume 4 Nomor 2, ISSN 2528-6978.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Umar, Wahid. 2012. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung.”Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran”. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2012.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

FEBRIANTI, C., ROESDIANA, L., & IMAMI, A. I. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2115

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>