Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Aljabar di MTs Al - Asyirotussafiiyyah

Penulis

  • Tsabitah Rahmawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadang Rahman Munandar Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan seberapa baik siswa memahami konsep matematika aljabar. Siswa kelas VII di salah satu MTS di wilayah Jakarta Timur menjadi subjek dalam penelitian.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. 1) Menyatakan kembali suatu konsep, 2) Mengklasifikasikan objek berdasarkan sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsep), 3) Memberikan contoh dan non-contoh dari konsep, 4) Menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, 5) Mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep, 6) Menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, 7) Menerapkan konsep atau algoritma untuk pemecahan masalah, adalah indikator kemampuan untuk memahami konsep matematika yang digunakan dalam penelitian ini. Instrumen tes digunakan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap konsep matematika sedangkan instrumen non-tes, seperti wawancara, digunakan untuk mempelajari lebih lanjut tentang pemahaman konsep aljabar siswa. Temuan menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs Al – Asyirotussafiiyyah masih tergolong rendah. Dengan persentase 9%, 1 siswa masuk dalam kategori tinggi, 3 siswa termasuk dalam kategori sedang, dan 7 siswa memiliki persentase 64% dalam kategori rendah, dari jumlah seluruh siswa sebanyak 11 siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-08

Cara Mengutip

Rahmawati, T., & Munandar, D. R. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Aljabar di MTs Al - Asyirotussafiiyyah. Prosiding Sesiomadika, 5(4). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/10312

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>