ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR (CHANGE AND RELATIONSHIP) PISA

Penulis

  • Bella Ambarwati Pendidikan Matematika FKIP. Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nia Hoerniasih Pendidikan Matematika FKIP. Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agung Prasetyo Abadi

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kesalahan-kesalahan siswa dalam mengerjakan soal aljabar (Change and Relationship) PISA agar mendapatkan faktor-faktor penyebab kesalahan tersebut sehingga bisa diberikan upaya mengatasi kesalahan dalam mengerjakan soal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Metode studi kasus ini digunakan untuk mengungkapkan kenyataan yang ada atau terjadi dilapangan untutk dipahami secara mendalam, sehingga pada akhirnya diperoleh temuan data yang diperlukan sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada siswa kelas IX di SMP Budi Mulia Karawang telah diperoleh hasil bahwa dari jumlah 43 siswa yang mengerjakan soal aljabar (Change and Relationship) PISA sebanyak 32 siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal dan sebanyak 11 siswa menjawab dengan benar. Dari hasil observasi tersebut menunjukan bahwa di karawang masih perlu dikembangkan soal-soal matematika PISA. Setelah mengadakan penelitian peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa terdapat dua faktor penyebab siswa mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal, faktor-faktor tersebut merupakan faktor eksternal dan faktor internal

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aini, R. (2014). Analisis pemahaman siswa SMP dalam menyelesaikan masalah aljabar pada PISA.Jurnal Pendidikan Matematika Volume 3 no 2 2014. Tersedia http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id. diakses pada 20 Maret 2018.

Fatmawati, D. (2014). Pengembangan Soal Matematika PISA Like Pada Konten Change and Relationship Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 2 No. 5, 2014. Tersedia http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id. diakses pada 20 Maret 2018.

Hakim L.D. (2016). Diktat Metodelogi Penelitian Pendidikan Matematika. Tidak Diterbitkan.

Kamaliyah(2013). Menyelesaikan soal matematika model PISA level 4. Jurnal IlmiahPendidikan Matematika Volume 1 No. 1, 2013. Tersedia http://jurnal.un- antasari.ac.id. diakses pada 20 Maret 2018.

Kholik, M. (2011). Metode Pembelajaran Konvensional.[online] Tersedia: https://muhammadkholik.wordpress.com, diakses pada 20 Maret 2018.

Mulyati, Sri (2017). Analisis Kesalahan Matematika Dilihat dari Motivasi Belajar Siswa dalam Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas VII SMP Negeri 17 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. [online] Tersedia: https://respository.umpwr.ac.id

Putri, Z.R. (2017). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam menyelesaikan persoalan Pemahaman Konsep Aljabar.Skripsi.Tidak Diterbitkan.

Putra, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4, 5, 6 menggunakan Konteks Lampung.Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika Volume 2 No. 4, 2016. Tersedia: https://journal.unnes.ac.iddiakses pada 20 Maret 2018.

Rohmani M.B. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal mirip TIMSS berdasarkan distraktor dan teori kesalahan newman.[online] Tersedia: https://eprint.uny.ac.id/id/eprint/51185 diakses pada 20 Maret 2018.

Sari, E. (2015) Pengembangan Soal Matematika Model PISA Untuk Mengetahui Argumentasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 No, 2, 2015. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id. Diakses pada 20 Maret 2018.

Setiawan, Harianto (2016). Soal Matematika dalam PISA Kaitannya Dengan Literasi Matematika Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 2 No, 5, 2016. Tersedia: https://jurnal.unej.ac.id diaksespada 20 Maret 2018.

Ulpah Puadah (2015). Manajmen Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cepat Tepat Di Klurahan Nagasari Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang.Skripsi. Tidak Diterbitkan.

Wardhani. (2011). Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal berdasarkan distraktor dan teori kesalahan newman.[online] Tersedia: https://eprint.uny.ac.id/id/eprint/51185 diakses pada 20 Maret 2018.

Wati E. (2016). Kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA pada konten change and relationship.[online] Tersedia: https://publikasiilmiah.ums.ac.id

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

Ambarwati, B., Hoerniasih, N., & Abadi, A. P. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR (CHANGE AND RELATIONSHIP) PISA. Prosiding Sesiomadika, 1(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2126

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>