Kesulitan Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Matematika

Penulis

  • Dwi Anindia Rahmah Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agung Prasetyo Abadi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Artikel ini meninjau tentang kesulitan belajar siswa pada proses pembelajaran matematika. Siswa dapat dikatakan mengalami kesulitan belajar jika ketuntasan belajar seorang siswa belum tercapai yang terlihat dari hasil pembelajaran matematika. Kesulitan belajar adalah gangguan atau hambatan yang dialami siswa saat belajar, seperti kesulitan membaca, menulis dan menghitung. Setiap anak mempunyai kesulitan belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, setiap siswa memiliki kemampuan untuk berhasil dalam studi siswa pun berbeda-beda. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa . Kesulitan belajar yang dialami siswa pada proses pembelajaran matematika ialah 1) siswa kurang memahami konsep matematika, 2) siswa kurang mengetahui simbol-simbol matematika.

Kata kunci:
Kesulitan belajar matematika

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

https://www.eurekapendidikan.com/2014/12/kajianpustaka.html?m=1

Yeni, Ety Mukhlesi. 2015. Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar.

Saja’ah, Ummu Fauzi. 2018. Analsis Kesulitan Siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah.

Hasibuan, Eka Khairani. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Ruang Sisi Datar di SMPN 12 Bandung.

Yusmin, Edy. Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika (Rangkuman dengan Pendekatan Meta-ethnography).

Jamal, Fakhrul. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaan Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI Ipa SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan.

Kurniawan, Aries Wahyu. 2017. Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas X SMK Muhammadiyah Surakarta.

Perwira, Widya. 2017. Studi Analisis Kesulitan Belajar Matematika dan Upaya Menanganinya Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Surakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Rahmah, D. A., & Abadi, A. P. (2019). Kesulitan Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2569

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>