Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika

Penulis

  • yugi prayuga Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agung Prasetyo Abadi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Artikel ini berisi kajian yang membahas tentang minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Minat belajar sendiri memiliki pengaruh dalam pencapaian prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Pemaparan kajian minat belajar siswa berkaitan dengan ciri – ciri minat belajar, jenis - jenis minat belajar , faktor – faktor yang mempengaruhi minat belajar, serta usaha - usaha yang dapat meningkatkan minat belajar.  Minat belajar sangat mudah dipengaruhi oleh lingkungan keluarga serta lingkungan disekolah. Sehingga minat belajar dapat memenuhi tiga aspek yaitu aspek koognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik. Aspek koognitif yang dipengaruhi oleh aktivitas yang dilakukan sehingga memunculkan minat. Aspek afektif, dipengaruhi berupa respon atau sikap yang diterima dari orang tua, guru, atau kelompok yang mendukung aktifitas saat melakukan suatu kegiatan. Aspek psikomotorik merupakan hasil dari aspek koognitif dan aspek afektif  sehingga siswa memiliki minat tinggi hingga mewujudkan suatu ekspresi dari tindakan nyata dari minat yang dimiliki. Sehingga minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dapat dibangun dari berbagai faktor dan aspek sesuai dengan ciri serta jenis dari minat belajar yang dimiliki siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alisuf, S. (2005). Kegitiran Hati Seorang Ibu. Bandung: Putra Grafika.

Amri, K. (2011). Pengaruh Keterampilan Guru Mengelola Kelas Menurut Persepsi Siswa terhadap Minat Belajar PKn di SMK Negeri 1 Bandar Lampung Tahun 2010/2011 (skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Faturahman, P., & Sutikno, S. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Handayani, S. (2016). Pengaruh Perhatian Orangtua Dan Minat Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 141-148.

Karismatika, I., & Hanik, A. N. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2017 – 2018. Artikel Jurnal, 1-9.

Ratna, N. K. (2012). Penelitian Sastra: Teori, Metode, dan Teknik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sholahudin. (2012, April 27). Artikel Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. Dipetik 11 4, 2017, dari EDUNET MTs KAB. TEGAL: http://sholahuddin.edublogs.org/2012/04/27/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-minat-belajar

Simbolon, N. (2014). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 1(2), 14 - 19.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Syah, M. (2003). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, M. U. (2017). Menjadi Guru Profesional. Dalam H. Darmadi, Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa (hal. 307-320). Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

prayuga, yugi, & Abadi, A. P. (2019). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2451

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>