Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferrin (REACT) Berbasis Etnomatematika

Penulis

  • Feby Feby Feby Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa karawang
  • Agung Prasetyo Abadi Dosen Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penentuan model pembelajaran yang akan di terapkan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tercapainya tujuan dalam pembelajaran. Oleh karena itu dalam memilih model pembelajaran harus sesuai dan efektif. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transferrin (REACT) berbasis etnomatematika. Model pembelajaran REACT merupakan salah satu model yang menerapkan pembelajaran konstektual dengan mengaitkan masalah-masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat mengalami dan merasakan langsung dalam kehidupannya. Pengalaman langsung inilah yang kemudian digabungkan dengan pengalaman yang telah lalu sehingga menghasilkan konsep-konsep baru yang realistik dan relevan. Model pembelajaran REACT meliputi kegiatan relating (mengaitkan), experiencing (mengalami), applying (menerapkan), cooperating (kerjasama), dan transffering (memindahkan). Dalam penerapannya model pembelajaran REACT dapat dipadukan dengan pendekatan etnomatematika sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan menarik dan dengan suasana belajar yang berbeda. Etnomatematika adalah sebuah kajian tentang suatu ide matematis yang berkaitan dengan kebudayaan. Dengan pendekatan etnomatematika, siswa dapat menelaah suatu kebudayaan yang berhubungan dengan ide matematis.

Kata kunci:
Model Pembelajaran REACT, Etnomatematika

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asnawati. (2015). Penerapan Pembelajaran Inkuiri dengan Etnomatematik pada Materi Bidang Datar Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Euclid. Vol. 2, No. 2, 251-365

Crawford. (2001). Teaching Contextually. Texas: CCI Publishing, Inc

Dahar, R. W, (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. Journal For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.

Emmanuel, K. (2007). Mathematics Drama and Ethno-Mathematics. Journal of Educational Studies

Joyce. B & Marsha W. (1992). Models of Teaching. Amerika: A Pearson Education Company

Kurniawan, I., Tegeh, I. M., & Suartama, I. K. (2014). Pengaruh Strategi Kontekstual REACT Terhadap Kinerja Pemecahan Masalah IPA Siswa SMP Negeri 6 Singaraja. E-Journal Edutech, 2(1).

Prabawati, M. N. (2016). Etnomatematika Masyarakat Pengrajin Anyaman Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika, 5(1), 25–31

Pradani. M. Y, Mimiep S. M, dan Anwar. L, (2013). Pembelajaran Melalui Model REACT berbantu Cabri 3D untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas X SMA. Jurnal-online Universitas Negeri Malang.

Putri, R. I., & Santosa, R. H. (2015). Keefektifan Strategi REACT Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Penyelesaian Masalah, Koneksi Matematis, Self Efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 262–272.

Rizka, N., Syarifuddin, H., & Suherman. (2014). Pengaruh Penerapan Strategi Relating , Experiencing , Applying , Cooperating , Transferring Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X Sman 2 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 44–48.

Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics : the cultural aspects of mathematics. Journal Revista Latinoamericana de Etnomatematica, Vol. 4 No 2. 32–54.

Sulistyaningsih, D., & Prihaswati, M. (2015). Pembelajaran Matematika Dengan Model REACT Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Materi Dimensi Tiga Kelas X. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2).

Triyanto, 2011, Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Inplementasinta Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara

Wijayanti, W. O. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Strategi Berbasis Masalah Tipe Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering. Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yuniawatika, (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika Dengan Model REACT Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UPI edisi khusus No. 2, hal 107-120 Agustus 2011

Zhang, W., & Zhang, Q. (2010). Ethnomathematics and Its Integration within the Mathematics Curriculum. Journal of Mathematics Education, 3(1), 151–157.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Feby, F. F., & Abadi, A. P. (2019). Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferrin (REACT) Berbasis Etnomatematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2568

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>