Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial

Penulis

  • Rizal Bachtiar Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rina Marlina Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil jawaban siswa saat mengerjakan soal kemampuan pemecahan masalah yang ditinjau dari indikator Polya dengan pokok bahasan aritmatika sosial. Metode pemecahan masalah seperti yang dikatakan polya ada 4 langkah fase penyelesaian masalah yaitu : (1) memahami masalah (2) menyusun rencana penyelesaian (3) melaksanakan rencana penyelesaian (4) memeriksa kembali hasil pengerjaannya. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Campaka. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen terdiri dari soal pemecahan masalah yang sudah dilkukan validasi. Tes yang dikerjakan siswa diberi skor dan dilakukan analisis terhadap kesalahan pada setiap indikator. Hasil penelitian menunjukkan persentase siswa yang mengerjakan dengan benar sebanyak 2 orang dari 20 siswa dengan persentase mencapai 0,1%, sedangkan siswa yang hasilnya benar tetapi yang tidak memenuhi indikator sebanyak 6 orang dengan pesentase mencapai 0,3%, dan siswa yang tidak menjawab dengan benar serta tidak memenuhi indikator sebanyak 12 orang dengan persentase mencapai 0,6%. Sehingga dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada SMPN 1 CAMPAKA khususnya kelas VIII F masih tergolong rendah.

 

Kata kunci:

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Aritmatika Sosial.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME, 77.

Handayani, F., & Lathifah, A. N. (n.d.). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume III, Pages 1-10.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skill Dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: PT. Revika Aditama.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Putra, D. H., Solihin Putri, A. W., Fitriana, U., & Andayani, F. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. SJME, 61.

Ruswati, D., Utami, W. T., & Sanjaya Wati, E. (n.d.). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Tiga Aspek. Maju, Volume V, 91-107.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Bachtiar, R., & Marlina, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2444

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>