Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga

Authors

  • Elisa Triwinarki
  • Rina Marlina Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan dalam membuat suatu model dari suatu masalah ke dalam bentuk baru baik secara verbal, tulisan, tabel, maupun grafik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa pada materi segiempat dan segitiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis mengenai representasi matematis. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes berupa soal uraian, soal diberikan kepada siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri yang berada di Kabupaten Karawang dengan jumlah 36 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa kemampuan representasi matematis siswa pada indikator kata-kata atau teks tertulis pada kategori tinggi sebanyak 0%, sedangkan pada kategori sedang sebanyak 80% dan pada kategori rendah sebanyak 19,44%. Indikator representasi visual pada kategori tinggi sebanyak 27,78%, kategori sedang sebanyak 38,89% dan pada kategori rendah sebanyak 33,33%. Pada indikator persamaan atau ekspresi matematis terdapat sebanyak 22,22% pada kategori tinggi, 44,44% pada kategori sedang dan 33,33% pada kategori rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Furchan, A . (2004). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gagatsis, A and Elia, I. (2004). “The Effects of Different Modes of Representation on Mthematical Problem Solving”. Proceedings of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. Vol 2 pp 447454.

Jones, A.D. (2000). The Fifth Process Standard: An Argument to Include Representation In Standard 2000.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding it up: Helping children learn mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Mudzakkir, H.S. (2006). Strategi Think-Talk-Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Beragam Siswa SMP. Tesis pada Pasca Sarjana UPI Bandung: tidak diterbitkan.

NCTM. (2000). Principles and Standards with The Learning From Assesment Materials. Virginia: The Nation Council of Teachers of Mathematic. Inc.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yudhanegara, M.R., K. E. L. (2015). Meningkatkan kemampuan representasi beragam matematis siswa melalui pembeajaran berbasis masalah terbuka (penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas VII SMPN 1 Pagaden, Subang). Ilmiah Solusi, 1(4), 94-103.

Published

2019-12-12

How to Cite

Triwinarki, E., & Marlina, R. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2652

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>