ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTs PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Penulis

  • aini Nurjamilah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rina Marlina Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tunjuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa MTs di Desa Nagrog dalam mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi bangun ruang sisi datar, dengan indikator kemampuan berpikir kreatif matematis yang digunakan adalah kelancaran (fluency), kelenturan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration). Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang bertujuan menghasilkan ide atau gagasan baru yang bersifat divergen dan dapat membawa hasil yang tepat juga pasti. Penelitian ini dilakukan kepada 30 siswa di salah satu MTs di Desa Nagrog dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa 4 butir soal uraian yang mencakup kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar disertai wawancara kepada 6 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa MTs di Desa Nagrog dikategorikan cukup rendah. Hal tersebut diketahui dari rata-rata persentase semua indikator, hanya ada 1 indikator yang melebihi 50% yaitu pada indikator kelancaran (fluency) sebesar 83,3%. Sedangkan persentase yang paling rendah terdapat pada indikator elaboration 16,7%. Pada soal elaboration, siswa belum mampu memberikan jawaban yang tepat dan sesuai, hal tersebut dikarenakan siswa tidak tahu bagaimana cara menentukan luas permukaan limas dan prisma dari soal yang diberikan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andiyana, M. A., R. Maya, dan W. Hidayat. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 1(3): 239-248.

Anggraeny, D.B, dan T.Y.E. Siswono. 2015. Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa menggunakan Multiple Solution Task (MST). Jurnal Math Edunesa 1(2).

Arnyana. 2007. Pengembangan Peta Pikiran Untuk Peningkatan Kecakapan Berpikir Kreatif Peserta didik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA 3: 673.

Baer, J. 1993. Creativity and Divergent Thinking: a Task Specific Approach. London: Lawrence Erlbaum Associates Publisher.

BSNP. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Damayanti, H.T, dan Sumardi. 2018. Mathematical Creative Thinking Ability of Junior High School Students in Solving Open-Ended Problem. JramathEdu- Journal of Research and Advances in Mathematics Education 3(1): 33-45.

Ekawati, E., dan Sumaryanta. 2011. Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika SD/SMP. Yogyakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Pengmbangan Sumber Daya Manusia Pndidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Moma, La. 2015. PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS UNTUK SISWA SMP. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 4(1): 32-33.

Mullis, I.V.S., M.O. Martin., P. Foy, dan A. Arora. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Amsterdam: International Association for Evaluation of Educational Achievement.

Muthaharah, Y.A., Kriswandani, dan E. Prihatnani. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Mitra Pendidikan 2(1): 63-75.

Puspitasari, Lila., A. In’am., dan M. Syaiffuddin. 2019. Analysis of Students’ Creative Thinking in Solving Arithmetic Problems. IEJME – International Electronic Journal of Mathematics Education 14(1): 49-60.

Randa. 2016. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dijintau dari Tingkat Disposisi Matematis pada Materi Program Linear di Kelas XII MAN 1 Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Torrance, P.E. 1996. Creativity What Research Says to the Teacher. Washington DC: National Education Association.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Nurjamilah, aini, & Marlina, R. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTs PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2565

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>