KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IX PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

Penulis

  • Tiara Isgi Putri Gita Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rina Marlina Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kategori kemampuan penalaran matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang berupa soal uraian kemampuan penalaran matematis. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis hasil data tes. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMP negeri di kabupaten kerawang dengan subjek penelitian kelas IX B sebanyak 38 siswa. Berdasarkan hasil analisis terhadap data tes kemampuan penalaran matematis diperoleh bahwa dari 38 siswa, 9 siswa tergolong dalam kategori kemampuan penalaran matematis bawah, 22 siswa tergolong dalam kategori kemampuan penalaran matematis menengah, dan 7 siswa yang tergolong dalam kategori kemampuan penalaran matematis atas. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IX B di salah satu SMP negeri di kabupaten kerawang memiliki kemampuan matematis yang tergolong sedang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Tiara Isgi Putri Gita, Universitas Singaperbangsa Karawang

Prodi Pendidikan Matematika

Rina Marlina, Universitas Singaperbangsa Karawang

Prodi Pendidikan Matematika

Referensi

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Mullis, e. (2012). TIMSS 2011 International Result in Mathematics. United States: TIMSS & PIRLS International Study Centre.

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Matematics. USA: NCTM.

Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017, Januari). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Pada Materi Perbandingan Kelas VIII Di SMPN 1 INDRALAYA UTARA. Jurnal Elemen, 3(1), 15-24.

Setiadi, d. (2012). Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia Menurut Benchmark Internasional TIMSS 2011. Jakarta: Kemdikbud.

Shadiq, F. (2004). Penalaran, pemecahan masalah, dan komunikasi dalam pembelajaran matematika. Diklat Instruktur Matematika SMP Jenjang Dasar, 10–23 Oktober 2004. Yogyakarta: Dirjen Dikdasmen PPPG Matematika.

Sudijono, A. (2011). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Gita, T. I. P., & Marlina, R. (2019). KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IX PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2449

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>