Kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kecerdasan logis matematis siswa

Penulis

  • Allisa Dewi Pendidikan matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alpha Galih Adirakasiwi Universitas singaperbangsa karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari tingkat kecerdasan logis matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini diperoleh sebanyak 6 siswa dari jumlah keseluruhan 32 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini berupa instrumen tes kecerdasan logis matematis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi dengan tahapan pemecahan masalah mencapai presentase sebesar 21,87%; (2) Siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis sedang dengan tahapan pemecahan masalah mencapai presentase sebesar 62,5%; (3) siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah dengan tahapan pemecahan masalah mencapai presentase sebesar 15,6%.
Kata kunci:
Pemecahan Masalah, Kecerdasan Logis Matematis Siswa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Mteri Bangun Datar. SJME ( Supremum Jurnal of Mathematics Education), 02(2), 77-83.

Faizah, F., Sujadi, I., & Setiawan, R. (2017). Proses Berpikir Siswa Kelas VII E Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(04).

Fitri, N. L. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IX di MAN Rengasdengklok. Skripsi Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang.

Gardner, H. (2011). Frames of Mind. New York: Basic Book.

Jayanti, A. D. (2017). Hubungan Kecerdasan Logis Matematis Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Matematika Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Skripsi, 102.

Mahardikawati, E. (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Berdasarkan Langkah-lagkah Polya Materi Turunan Fungsi Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis. Skripsi.

Putra, H. D., Putri, A., Lathifah, A. N., & Mustika, C. Z. (2018). Kemampuan Mengindentifikasi Kecukupan Data pada Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa Mts. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 02(1), 48-61.

Putra, H. D., Putri, W. A., & Fitriana, U. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 02(2), 60-70.

Sopiany, H. N., & Hijjah, I. S. (2016). Penggunaan Strategi TTW(THINK-TALK-WRITE) Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa MTsN Rawamerta Karawang. JPPM, 09(2).

Widodo, Pardimin, & Purwaningsih, I. E. (2016). Pengaruh Media Komik Terhadap Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2016.

Wulandari, S. P., Sujadi, I., & Aryuna, D. R. (2016). Profil Pemecahan Masalah SPLDV Dengan Langkah Polya Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 725.

Yaumi, M. (2013). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelegences. Jakarta: Dian Rakyat.

Zahro, A. (2015). Pengaruh kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Tahun Pelajaran 2014/2015. 18.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Dewi, A., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kecerdasan logis matematis siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2713

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>