Studi Korelasi antara Self-esteem Matematis dengan Resiliensi Matematis Siswa

Penulis

  • Annisa Karima Rafiana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alpha Galih Adirakasiwi Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Self-esteem matematis merupakan penilaian harga diri sendiri baik penilaian positif maupun negatif seseorang terhadap matematika. Adapun resiliensi matematis merupakan ketahanan seseorang dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji hubungan antara self-esteem matematis siswa dengan resiliensi matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam studi korelasi ini adalah kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII dan kelas VIII di salah satu sekolah di Kabupaten Karawang. Sampel yang diambil menggunakan teknik random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 52 siswa. Hasil penelitian ini adalah terdapat korelasi positif antara self-esteem matematis dengan resiliensi matematis siswa pada jenjang SMP kelas VII salah satu sekolah di Kabupaten Karawang sebesar 59,5%  ditunjukan dengan koefisien determinan 0,595.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard-skill dan Soft-skill Matematik Siswa. Cimahi: Refika Aditama.

Hendriani, W. (2019, November 10). Empat Catatan dalam Meneliti Resiliensi. Diambil kembali dari Wiwin Hendriani: https://wiwinhendriani.com/2016/12/14/catatan-penting-dalam-menelitiresiliensi/?unapproved=1012&moderation-hash=871218534426f65892d2310312461b4c

Hidayati, L. N. (2014). Hubungan Antara Self-esteem dengan Resiliensi Pada Remaja di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kania, N., & Arifin, Z. (2019). Analisis Kesulitan Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1.

Lete, G. R., Kusuma, F. H., & Rosdiana, Y. (2019). Hubungan Antara Harga Diri dengan Resiliensi Remaja di Panti Asuhan Bakti Luhur Malang. Nursing News.

Maryam, M., Nurdiawan, R., Hermawan, W., Purwasih, R., & Rohaeti, E. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Mathematical resilience. Jurnal Apotema.

Prapanca, P. (2017). Pengaruh Tingkat Religiusitas Terhadap Self-resiliensi Siswa Kelas IX Sekolah Menangah Atas Negeri 2 Karanganyar. E-Journal Bimbingan dan Konseling Edisi 1 Tahun ke-6 2017.

Smestha, B. R. (2015). Pengaruh Self-esteem dan Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Mantan Pecandu Narkoba. Fakultas Psikologi Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sugiyono. ((2014)). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, R&D,. Bandung: Alfabeta.

Verdianingsih, E. (2018). Self-esteem dalam Pembelajaran Matematika. EDUSCOPE.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Rafiana, A. K., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Studi Korelasi antara Self-esteem Matematis dengan Resiliensi Matematis Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2850

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>