ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Penulis

  • Siti Nurmala Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alpha Galih Adirakasiwi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kategori kepercayaan diri siswa pada kemampuan representasi matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terpilih sebanyak 6 orang siswa dari kelas IX yang berjumlah 25 siswa. Pengambilan data diperoleh dengan soal tes untuk menentukan kemampuan representasi matematis dan angket kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis 80% tidak mencapai KKM dan kepercayaan diri pada siswa berada dikategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari indikator representasi siswa yang belum memenuhi yaitu, 1) Siswa belum mampu membuat persamaan matematis atau ekspresi matematis dengan tepat, 2) tidak Membuat gambar untuk memeperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaianya. 3) belum mampu menuliskan langkah-langkah yang tepat dan tidak Membuat situasi masalah berdasarkan data atau representasi yang diberikan. Sedangkan dari hasil angket kepercayaan diri matematis yang dimiliki siswa 16% kategori tinggi siswa dalam pembelajaran berani menanya dan menjawab pertanyaan yang guru ajukan, 64% dalam kategori sedang siswa tidak begitu menyukai pelajaran matematika dan kurang percaya diri dalam pembelajaran, dan 20% kategori rendah yaitu siswa tidak menyukai pelajaran matematika dan tidak percaya diri dalam pembelajaran, serta siswa takut untuk bertanya dan tidak berani menjawab pertanyaan yang guru berikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aditya, Muh., Jaeng, Maxinus & Sukaya. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Al- Azhar Mandiri Palu dalam Menyelesaikan Soal cerita Pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar. Jurnal Elekstronik Pendidikan Matematika Tadulako. Vol. 03. Hal. 304-316.

Akbar, dkk, (2018, Desember). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran dan Self Confidence Siswa SMA Dalam Matematika Peluang. Journal of Education, 1(1), 14-21.

Andriani, I., Munawaroh, M., & Nursuprianah, I. (2015, Desember). Perbandingan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Belajar Matematika Antara yang Menggunakan Metode Jigsaw Dengan Metode Inkuiri Terbimbing di Kelas VII SMP Satu Atap Negeri Talun Kabupaten Cirebon. Jurnal EduMa, 4(2).

Febriana, E. (2018). Analisi Kemampuan Pemecahan Msalah Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI Pada Materi Program Linear. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skill Matematik Siswa. (N. F. Atif, Ed.) Bandung: PT Refika Aditama.

Putra, Harry Dwi Putra (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa. jurnal SJME. 2(2).

Rezeki, S. (2017, April). Meningkatkan Kemampuan Represntasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Novick. Jurnal SAP, 1(3), 284.

S. Nulhaq, S. Utari. (2013). Analisis Profil Kemampuan Multirepresentasi Siswa Berdasarkan Hasil Tes Uraian pada Materi Bunyi di SMP. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika 1. Hal. 92-98.

Sulastri, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Beta , 51-69.

Vandini, I. (2015). Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematis Siswa. Jurnal Formatif, 5(3).

Wijaya, C. B. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi’iyah Gondang. Journal of Mathematics Education, 4(2), 117.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Nurmala, S., & Adirakasiwi, A. G. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2758

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>