Analisis Kemampuan Spasial Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Penulis

  • Asri Novia Wulansari Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alpha Galih Adirakasiwi Dosen Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan spasial matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri dibantu dengan tes kemampuan spasial. Sumber data penelitian ini terdiri dari (1) Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dari salah satu sekolah di Kabupaten Subang dengan jumlah subjek 5 orang siswa dilihat dari observasi awal dengan tes kemampuan spasial kemudian terpilih masing-masing satu siswa berdasarkan tingkat kemampuan spasial matematis tinggi, sedang dan rendah, (2) aktivitas penelitian ini yaitu segala kegiatan pada saat pengerjaan instrumen tes hingga diperoleh hasil tes dan berlangsungnya wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa (1) siswa dengan kategori tingkat kemampuan spasial matematis tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan spasial yang peneliti gunakan dalam penelitian ini (2) siswa dengan kategori tingkat kemampuan spasial matematis sedang mampu memenuhi dua dari empat indikator kemampuan spasial yang peneliti gunakan dalam penelitian ini (3) siswa dengan kategori tingkat kemampuan spasial matematis rendah mengalami kesulitan untuk memenuhi beberapa indikator kemampuan spasial yang peneliti gunakan dalam penelitian ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alimuddin, H & Trisnowali, A.M.S. (2018). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika 2(2), 169-182. http://dx.doi.org/10.31100/histogram. v2i2.238.

Apriyani, P. (2016). Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write.

Azuztiani, H. (2017). Kemampuan Spasial Siswa SMP Kelas VIII Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa di SMPN 1 Semen. Artikel Simki-Teachsain. 1(5), 1-11.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fajri, H.N, Johar, M, & Ikhsan, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Spasial Dan Self-Efficacy Siswa Melalui Model Discovery LearningBerbasis Multimedia. Beta. 9(2), 180-195. http://dx.daoi.org/10.20414/betajtm.v9i2.7.

Febriana, E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas IX Pada Materi Program Linear. Artikel Universitas Nusantara PGRI Kediri. 4-5.

Ferdianto, F & Yesino, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis. Universitas Swadaya Gunung Jati : Cirebon. Jurnal SJME. 3(1), 32-35.

Juliant, A & Noviartati, K. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Pola Bilangan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan. 2(2), 111-118.

Jumhur. A. L. (2012). Penerapan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Metakognitif Untuk Pencapaian Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi STKIP Subang. Tidak Diterbitkan.

Lestari & Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Rafika Aditama.

Nuraida, D. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Improve Terhadap Kemampuan Spasial Matematis Siswa SMP. Skripsi Universitas Singaperbangsa Karawang. Tidak Diterbitkan.

Purborini, S. D., & Hastari, R. C. (2018). Analisis Kemampuan Spasial Pada Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Derivat. 5(1), 49-58.

Saputra, H. (2018). Kemampuan Spasial Matematis. Artikel Universitas Terbuka. Tidak Diterbitkan. Diakses Online http://www.researchgate.net/publication/326847118

Sefina, R. (2015). Implementasi Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Dan Self-Concept Matematis Siswa Pada Pembelajaran Geometri SMP. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak Diterbitkan.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Wulansari, A. N., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Analisis Kemampuan Spasial Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2802

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>