Berpikir Kritis Siswa Dalam Materi Segiempat
Abstrak
Kemampuan berpikir kritis adalah proses berpikir secara rasional dan reflektif untuk menentukan sebuah pilihan yang tepat untuk dilakukan. Pentingnya kemampuan berpikir kritis untuk membantu siswa dalam menginterpretasi, menganalisis, mengevaluasi, dan menginferensi. Artikel ini menjelaskan bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi segiempat. Segiempat merupakan materi yang terdapat pada kelas VII semester dua yang menjelaskan tentang jenis dan sifat segiempat serta memahami keliling dan luas segi empat. Sehingga dalam artikel ini memberikan gambaran siswa dalam kemampuan berpikir kritis pada materi segiempat.
Unduhan
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Aisyah , P. N., Khasanah, S. U., Yulianai, A., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecaham Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7-10.
Andira, T., Santoso, B., & Yusup, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Dididik pada Materi Bangun Datar Segiempat . Pytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika .
Andriani , D., & Nurjaman , A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP diKota Cimahi Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 215-216.
Apertha, F. K., Zulkardi, & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 47-62.
Aprilianti, Y., & Zhanthy, L. S. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga. Journal On Education, 529.
Arifin, & Ratu, N. (2018). Profil Higher Order Thingking Skill Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Segiempat. Maju, 52-63.
Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Pembelajaran Matematika. Prociding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 66-72). Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.
Facione, P. A. (1992). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons.
Hakim, D. L. (2014). Efforts to Improve Student Learning Ourcomens by Using Cooperative Learning Type of Student Teams Achievemt Division (STAD). Proceding of International Conference on Reaserch, Implementation and Education of Mathematics and Sciences (pp. 135-142). Yogyakarta: Yogyakarta state University.
_____. (2015). Penerapan Permainan Saldermath Algebra Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP di Karawang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol 2 no 1, 10-19.
______. (2017). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi Teaching Math Training Materials Making Media Prezi. UNES Journal of Comunity Service, 157-163.
______. (2017). Penerapan Monile Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis, Representasi Matematis, dan Kemandirian Belajar Matematis Siswa. Tesis, UPI.
Hakim, D. L., & Daniati, N. (2014). Efektivitas Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP. Seminar Nasional Riset Inovatif II.
Hakim, D. L., & Sari, R. M. (2019). Aplikasi Game Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Matemattis. JPPM Vol.12, 129-141.
Hanipah , I. R., & Purnomo, Y. W. (2018). Kesalahan Siswa Menyelesaikan Permasalahan Higher Order Thinking pada Topik Segiempat . Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 76.
Imah, M. T., & Purwoko , B. (n.d.). Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Neuro Linguistik Programing (NLP) dalam Lingkp Pendidikan.
Karim, & Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model JUCAMA di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 93-94.
Khairiah, Wati, M., & Hartini, S. (2015). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTSN Mulawarman Banjarmasin pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3), 200-210.
Nurilah, Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 73-82). Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.
Salamah, U. (2017). Berlogika dengan Matematika. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Sari, E. M., & Budiarto, M. T. (2016). Profil Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Geometri di Tinjau dari Gaya Vsualizer dan Verbalizer. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 41.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumarmo, U., Rohaeti, E. E., & Hendriana, H. (2017). Hard Skills and Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Trisusanti , D., Puadi, E. F., & Umbara, U. (2018). Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Teori Bruner Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Materi Bangun Datar Siswa Smp . Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhamadiyah Kuningan, 26-37.