Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika
Abstrak
Penulisan ini untuk mengkaji kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Hal ini diupayakan untuk memahami dan menganalisis masalah matematis secara mandiri. Kemandirian belajar siswa sebagai suatu kegiatan yang berasal dari kemampuan diri sendiri, belajar yang mandiri dan tidak tergantung terhadap orang lain serta bertanggungjawab agar tercapainya tujuan yang diinginkan, upaya untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika dalam pengajaran dikelas. Dalam artikel ini membahas tentang gambaran kemandirian belajar matematika siswa akan keinginan untuk belajar matematika untuk mengambil keputusan inisiatif dalam menyelesaikan persoalan matematis secara tanggung jawab mengerjakan permasalahan matematika, dan rasa percaya diri untuk mempresentasikan hasil pembelajaran dalam mengikuti pembelajaran matematika sehingga tercapai tujuannya pembelajaran matematika.
Kata kunci:
Kemandirian Belajar, Pembelajaran Matematika
Unduhan
Referensi
Darmayanti, T., Islam, (2004). Pendidikan tinggi jarak jau: Kemandirian belajar pada PTJJ. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Daryanto, (2011). Media Pembelajaran. Bandung : Satu Nusa
Depdiknas, (2006). Standar Isi Mata Pelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Hakim. D. L . (2014). Efforts to Improve Student Learning Ourcomes by Using Cooperative Learning Type of Student Teams Achievement Division (STAD). Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences, 135-142.
(2017). Penerapan Mobile Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis, Representasi Matematis, dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses : 15 November 2019, 22:05 WIB
(2017). Penerapan Permainan Saldenath Algebra dalam Pelajaran Matematika Siswa kelas VII SMP Karawang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 2 nomor 1. P-ISSN : 2502-7638 ; E-ISSN : 2502-8391
(2017) . Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi Teaching Math Training Materials Making Media Prezi. UNES Journal of Community Service
(2018). Implementasi Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Sesiomadika Universitas Singaperbangsa Karawang
dan Daniati, N. (2014) . Efektivitas Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP. Seminar Nasional Riset Inovatif II, 259-264.
dan Mustika, R. M (2019). Aplikasi Game Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Matematis. HYPERLINK "http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/senari/article/view/458" http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/senari/article/view/458
Chisara, C, Hakim. D.L dan Kartika, H (2018). Implementasi Pendekatan RME dalam Pembeelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika https:/journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2097/16355. Diakses: 15 November 2019, 22:15 WIB
Miftaqul (2016), Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar PAI Siswa, Jurnal Mahasiswa FKIP UNS, Jurnal Cpnselium, Vol. 1 No.1
Mujiman, Haris. (2007). Manajemen Pelatihan Berbasis belajar Mandiri. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Nur, M., (2000). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa pada Pendekatan Kontruktivis dalam Pengajaran. Surabaya : PPs Universitas Negeri Surabaya
Pohan . Prastowo, A .( 2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumarmo, U. (2004). Kemandirian Belajar Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Makalah disajikan pada seminar pendidikan matematika di jurusan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Martinis. (2008). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.