Pencapaian Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Model Lesson Study pada Pembelajaran Matematika Ekonomi

Authors

  • Lessa Roesdiana Department of Mathematics Education, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nita Hidayati Department of Mathematics Education, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1292

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menelaah peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menggunakan metode lesson study dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttes only dengan populasi penelitian yaitu mahasiswa salah satu Perguruan Tinggi di Karawang. Instrumen tes mencakup tes kemampuan pemahaman matematis dengan indikator dan variabel yang diukur adalah tingkat kemampuan pemahaman matematis. Data diolah menggunkan Software SPSS versi 22 for Windows, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran dengan model lesson study lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Jadi dapat disimpulkan model lesson study dapat meningkatkan hasil belajar matematika khususnya mata kuliah matematika ekonomi.

 

DOI

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Lessa Roesdiana, Department of Mathematics Education, Universitas Singaperbangsa Karawang

Mathematics Education

Nita Hidayati, Department of Mathematics Education, Universitas Singaperbangsa Karawang

Mathematics Education

References

Cai, J., & Ding, M. (2015). On mathematical understanding: perspectives of experienced Chinese mathematics teachers. Journal of Mathematics Teacher Education, 18(5). doi: 10.1007/s10857-015-9325-8.

Lewis, C.C. (2002). Lesson Study: A Handbook of Teacher-LedInstructional Change, Philadelphia, PA: Research for BetterSchools, Inc.

Minarni, A. (2017). On Eight Grade Students Understanding in Solving Mathematical Problems. Asian Social Science, 13(12), 86-96. doi: 10.5539/ass.v13n12p86.

Rohmah, M. S. (2013). Pendekatan Brainstorming Teknik Round-Robin untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran, Komunikasi Matematis dan Self-Awarenes Siswa SMP. Tesis. Sekolah Pascasarjana UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Inerson, P.W., and Yoshida, M. (2005). Building Our Understanding of Lesson Study. Philadelphia, PA: Research for Better Schools.

Published

2018-07-02

How to Cite

Roesdiana, L., & Hidayati, N. (2018). Pencapaian Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Model Lesson Study pada Pembelajaran Matematika Ekonomi. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 71–76. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1292

Issue

Section

Article